Pencarian

Custom Search

27 Desember 2007

Perkembangan E-Currency di Internet

9 komentar :
Rekan, sebelum kita bisa bertransaksi di internet tentunya memerlukan sebuah alat pembayaran yang memudahkan kita dan menjamin keamanan uang kita di internet. Begitupula karena salah seorang rekan saya menanyakan mengenai e-currency jadi saya mencoba untuk menjelaskannya walaupun mungkin sudah banyak di bahas di situs-situs lainnya, ya mudah-mudahan dapat berguna juga bagi rekan-rekan.

Rekan, sebenarnya e-currency ini telah ada sejak adanya internet marketing. Internet marketing berdasarkan statement Michael Campbell, President & CEO, Dynamic & Media Corp. ini didunia bermula tahun 1994, awalnya berupa sebuah iklan classified di American On Line (AOL), bahkan dulu katanya iklannya berupa gambar-gambar yang di scan begitu saja lalu dipasang.

Kemudian pada beberapa tahun kemudian yaitu tahun 1996 muncul ecurrency e-gold yang didirikan oleh Dr. Douglas Jackson and Barry K. Downey Transaksi dengan e-gold secara dramatis meningkat sejak tahun 2005. Jumlah emas batang (lebih dari 3 ton) dalam e-gold sistem mendekati jumlah cadangan emas sebuah negara kecil. E-gold mendapatkan income dari "spending fee" dan "storage fee", saat ini pendapatan dari fee ini lebih dari 1 juta dollar. Dari saatnya berdiri, saya mengetahui bahwa e-gold tidak sendiri namun banyak juga e-currency lainnya yang seperti e-gold namun bertumbangan dijalan.

Kemudian tahun 1998, bisa disebut berdirinya paypal dan sebetulnya adalah penggabungan antara perusahaan Confinity dan X.com pada tahun 2000 Confinity didirikan pada desember 1998 oleh Peter Thiel dan Max Levchin, awalnya sebagai alat pembayaran Palm Pilot dan sebagai perusahaan kriptograpi (ilmu pembacaan sandi, tulisan-tulisan atau angka-angka rahasia), sedangkan X.com didirikan oleh Elon Musk pada maret 1999, yaitu perusahaan penyedia jasa perencanaan keuangan. Kedua perusahaan lokasi pertamanya adalah kantor di 165 University Avenue di Palo Alto, California, rumah dari beberapa pemula di Silicon Valley.

Awalnya Ebay memakai Billpoint sebagai alat pembayarannya, karena pemakaian paypal sebanyak 55% melebihi pemakaian Billpoint maka Ebay mengakuisisi paypal sebesar US$ 1,5 Miliar. Ebay akhirnya menghapus layanan Billpoint untuk memperkuat Paypal brand untuk ebay. Banyak saingan utama Paypal akhirnya bangkrut atau dijual, Citibank c2it tutup pada akhir 2003, Yahoo PayDirect tutup pada akhir 2004, Western union mengumumkan menutup layanan BidPay pada 2005 dan menjualnya pada CyberSource Corporation pada tahun 2006. Begitupula situs stormpay yang jatuh di tahun 2005 karena suatu masalah dan emmocorp yang menghilang pada tahun 2006. Saingan Paypal lainnya seperti Moneybookers, dan Alertpay masih ada hingga sekarang.

Ada juga e-currency lainnya seperti ikobo, 2checkout, ipayment, INTgold, Liberty Reserve, EBullion, Alertpay, Netpay, dll. Namun, saya lebih cenderung memilih e-gold dan paypal saja karena relatif mudah dipakai. Sebagian besar merchant di internet juga menerima alat pembayaran ini. Untuk e-gold dapat kita beli atau jual di Egoldindonesia, atau tempat jual beli e-gold lainnya. Mekanismenya kita beli lewat Bank BCA, BNI, Mandiri, dan Bank-Bank Nasional lainnya kemudian mereka transfer e-goldnya, begitupula sebaliknya dengan menjual e-gold.

Paypal saat ini meng-claim telah memiliki member sebanyak 150 juta orang di seluruh dunia. Cukup banyak jumlahnya bagi sebuah negara berpenduduk sebanyak ini. Paypal saat ini dapat di ambil lewat kartu kredit visa, BNI Visa, BCA Visa dll, sedangkan kartu debit sejauh ini belum tahu ada yang masuk. Sebagian besar tidak bisa masuk karena ada tanda "electronic use only" jadi hanya bisa menggunakan mesin gesek bukan untuk di internet. Di paypal juga bisa memasukkan bank tapi dari US, ya mungkin kita harus menunggu agar Bank-Bank Nasional Indonesia sedikit demi sedikit mendapat kepercayaan dari paypal dan bila Bank-Bank di Indonesia sudah bisa menembus paypal maka akan semakin berkembanglah e-commerce di Indonesia.

Ya mungkin rekan-rekan juga ada yang tahu lebih dalam mengenai e-currency ini, namun dengan pembahasan singkat ini mudah-mudahan dapat berguna bagi rekan lain yang masih belum mengetahuinya. Wassalam.

E-Gold Internet payments,100% back by gold.

Paypal The Safer, Easier Way to Pay.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

9 komentar :

  1. gmana cara daftar ke paypal...
    tolong balas ke blog saya yah...

    BalasHapus
  2. trus gmana cara pasang slide tentang Top comentator......and cara buat post comennt biar muncul kayak kamu punya
    mhon dengan sangat agar mau meluangkan waktunya buat ajarin aku yah...heheheh........

    BalasHapus
  3. @Iwan:caranya tinggal buka www.paypal.com mas..setelah itu klik registrasi..

    Untuk bikin top komentator bisa diliat di posting saya di http://www.yusaindera.com/2008/07/widget-top-commenter-popular-post.html

    BalasHapus
  4. sore sahabat
    selamat datang di dunianya blue
    salam persahabatan kembali yah
    semoga semakin bersemangat yahsalam hangat selalu

    BalasHapus
  5. sama2 mas..slm persahabatan juga & slm hangat ..

    BalasHapus
  6. saya hanya bisa berharap dengan adanya e-currency, Perbankan Indonesia akan lebih baik dari sebelumnya.

    BalasHapus
  7. bener sekali mba..saya setuju banget mudah2 perbankan indonesia makin mantap dan semakin berkiprah dikancah global..

    BalasHapus
  8. thanks sob untuk postingannya...
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    http://chaniaj.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. Sama2 yah...nanti kunjungan balik..

    BalasHapus