Pencarian

Custom Search

16 April 2008

Tips Sebelum Membuat / Membuka Account Paypal

51 komentar :
Rekan-rekan, saya yakin sudah banyak sekali disini rekan-rekan yang mempunyai account paypal, sudah verified dan withdraw. Namun, tidak tertutup kemungkinan juga masih banyak rekan-rekan kita yang belum tahu paypal dan belum pernah membuat account paypal. Oleh karena itu, ada baiknya juga saya ingin berbagi beberapa pengalaman saya menggunakan paypal account, sedikit banyaknya membantu rekan-rekan yang belum mengetahui paypal.

Saya sebenernya sudah dari tahun 2005 ingin sekali membuat account paypal namun saat itu menemui kendala karena paypal tidak menerima account dari Indonesia. Sehingga saat itu hanya menggunakan account e-gold saja. Selain itu saat itu saya juga coba-coba membuat account e-currency lainnya seperti e-bullion, netpay, emmocorp, dan beberapa account lainnya walau jarang dipakai.

Sejak tahun 2006, kalau tidak salah bulan maret secara mengejutkan saya menemukan bahwa paypal sudah bisa menerima keanggotaan dari Indonesia. Setelah mengetahui paypal menerima anggota dari Indonesia, segera saya membuat account paypal pada tahun 2006 ini. Setelah beberapa bulan kemudian, secara bertahap paypal bisa menerima fund dari account paypal negara lain, saat itu masih harus verifikasi pake credit card, dan secara mengejutkan juga ternyata bulan-bulan kemarin paypal sudah bisa menerima bank di Indonesia. Saya memang sudah menunggu-nunggu saat-saat seperti ini, karena saya menemukan banyak sekali peluang-peluang mendapatkan dolar paypal secara mudah dari internet dibandingkan dengan e-gold. Walaupun demikian, saya juga mengetahui ada beberapa pemburu dolar sebelum tahun paypal diterima di Indonesia sudah bisa mendatangkan dolar lewat paypal walaupun menggunakan account negara lain.

Sebelumnya, saya juga sudah membuat beberapa artikel tentang paypal yaitu mengenai perkembangan e-currency, verifikasi paypal, withdraw paypal ke Bank BNI dan Bank Niaga. Secara sederhana paypal sendiri dapat di katakan sebagai alat pembayaran internet tanpa kita harus menggunakan credit atau debit card (mastercard, visa, discover, dll) sebagai alat pembayaran langsung. Menggunakan credit atau debit card di internet sangat beresiko karena mudah terjadi pencurian nomor credit atau debit card. Oleh karena itu, paypal adalah solusi pembayaran di internet dapat dikatakan yang aman dan cepat.

Namun, paypal sendiri sangat serius sekali melawan fraud dan situs SCAM di internet, karena itu ada baiknya sebelum kita bergabung dengan paypal mengetahui beberapa hal yang penting agar account paypal kita gunakan untuk withdraw dan tidak bermasalah.

Beberapa hal yang penting dan harus diperhatikan sebelum membuka account paypal :

1. Menyiapkan nama depan dan belakang sesuai dengan KTP, SIM dan bukti identitas lainnya. First dan last name sangat penting di paypal karena hampir tidak bisa dirubah lagi setelah account paypal dibuat. Bahkan bila diupgrade ke business account saja memang ada fasilitas untuk membetulkan nama tapi hanya kesalahan 2 karakter karena salah mengetik. Bila lebih dari 2 karakter, kita harus mengirimkan berbagai bukti ke paypal dan juga belum tentu disetujui. Bisa berminggu-minggu direview tim paypal bahkan bulanan.

Nama ini penting karena harus sama dengan nama yang tercantum di credit/debit card pada saat verifikasi bila tidak maka account kita bisa bermasalah. Nama juga penting dan harus sama dengan nama di Bank karena bila tidak uang yang kita withdraw ke bank akan balik lagi ke paypal bahkan didenda $5.

2. Usahakan jangan terlalu sering membuka paypal berganti-ganti komputer, ini menyulitkan paypal karena nantinya paypal akan meminta konfirmasi alamat anda.

3. Password harus diingat baik-baik dan jangan pernah memberitahukan password ke pegawai paypal atau orang lain.

4. Kita diperbolehkan hanya membuat satu personal account dan satu premier/business account, jangan lebih dari terms paypal tersebut karena kalau tidak paypal kita bisa bermasalah. Suatu saat bila terdeteksi oleh tim fraud paypal account paypal kita bisa di limited bahkan mungkin ditutup selamanya.

5. Usahakan jangan pernah membuat account untuk dua orang atau lebih di satu komputer karena dibeberapa kasus ada sebuah keluarga yang terkena account limited karena membuat paypal account semua anggota keluarganya dengan menggunakan komputer yang sama dan dianggap melakukan kegiatan yang suspicous.

6. Kita dapat menerima pembayaran walau account kita belum verified. Namun, sebaiknya account kita cepat-cepat diverifikasi karena bila sudah terverifikasi akan menambah kepercayaan dari member lain.

Tidak banyak hal-hal yang menurut saya penting diketahui sebelum membuat account paypal, walau sedikit namun hal-hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar account kita tidak bermasalah. Nama, bukti identitas, nama dicredit/debit card, dan nama di bank sangat penting karena saya banyak mendengar kasus kesalahan dinama. Jangan disamakan antara account yahoo dengan account paypal, karena jelas berbeda dan account yahoo cuma email sedangkan paypal adalah uang kita diinternet.

Banyak lagi sebenarnya tips-tips aman menggunakan paypal lainnya, bisa rekan-rekan cari di search engine. Disitus-situs berbahasa inggris di internet.

Untuk memulai membuat account paypal rekan bisa memulainya dari sekarang klik disini bila ingin membuat account paypal.

Regards.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

51 komentar :

  1. aku dah buat tapi aku nggak tau acoun paypal ku apa apakah email yang aku masukkan disaat buat paypal atau gmana aku bingung

    BalasHapus
  2. untuk login ke paypal memakai email yang dipakai tadi waktu signup lalu masukkan juga passwordnya..

    BalasHapus
  3. Boss.Saya sudah buat paypal.Yang jadi masalah Alamat yang saya buat di Indonesia sedangkan saya sekarang gk tinggal di Indonesia dan Memakai atm bukan indonesia jadi gmana solusiny nih boss.

    BalasHapus
  4. Agak sulit juga mas kalo gt, bisa jadi pas nerima kiriman uang ke paypal diminta KTP dan bukti identitas lainnya bahwa mas ini dari Indonesia..

    Ini pernah dialami teman sy juga yg bikin account paypal singapore tahun 2003 padahal dia ada di Indonesia..ketika menerima kiriman uang malah diminta bukti identitas seperti KTP dsb.. dan paypalnya jadi problem..ada muncul open dispute di paypalnya..

    Menurut sy kalau diminta identitas coba dulu aja kirim ke paypalnya..

    Kalau sekarang belum ada isinya ga ada problem apa2 mas..

    BalasHapus
  5. Buat tambahan rekan-rekan,

    Untuk membuat account PayPal dengan mengunakan debit card bank niaga "Business Type", silahkan baca petunjuknya di http://www.payifm.com/cari-kerja
    Dan lihat di arsip mereka untuk cara membuatnya.

    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  6. Untuk Mas Yoan makasih juga utk infonya..sebenernya kalo kita udh verified juga kan setelah itu bisa dengan mudah di upgrade ke premier account atau business account..dengan beberapa klik saja sudah bisa upgrade ke business account..

    Soalnya sy juga disini ada satu business account verified ada satu lagi personal account tapi ga diverifed sih..

    anyway..thanks alot utk infonya ya..

    BalasHapus
  7. mas,wktu dftr paypal kn ada printah sruh masukin email,apkh kl kt dah brhsl bwt paypal,almt paypalnya ap sma dgn almt emailnya?lbih tptnya,apkh almt paypal yg kt mliki sma dgn almt email yg kt dftrkn wktt verivikasi paypal?dan apkh paswordnya almt paypal hrs sma dgn paswordya email kt?trs tnya lag mas,seumpma mang alamt email kt mrupkan almt paypal kt,apkh kl kt dpt dollar lngsung msk di paypal kt.....? trmksh atas jwbnya

    BalasHapus
  8. Untuk login kita pake email yang pas waktu daftar kita masukkan itu mas..

    Benar memang alamat paypal sama dengan alamat email, tapi bila dicoba masuk ke paypal akan masuk ke paypal account. Ga bakal masuk ke email kita.

    Passwordnya sebaiknya berbeda antara alamat email dan paypal.. untuk account paypal diberi password khusus berbeda dengan yang lain-lain agar lebih aman..

    Kalo dapat dolar biasanya langsung masuk ke paypal kita dan ada pemberitahuan ke email kita bahwa ada transfer uang ke paypal kita..

    BalasHapus
  9. Sip lah...ini nama Brother.....Bagi2 Ilmu...Sukses lah!

    BalasHapus
  10. mas, gimana caranya bikin account paypal tapi ga punya credit card

    BalasHapus
  11. kita bikin paypal sekarang tanpa credit card mas.. bisa di verifikasi dgn vcc..mlh sekarang ada jg org indonesia yg jual vcc langsung..coba saja search di google ttg tempat jual vvc di indonesia

    BalasHapus
  12. trims bro..btw, kalo kita verifikasi sekarang dengan VCC itu ada masa berlakunya ga?Soalnya duit dah ngumpul di paypal (bisa buat beli bakso bulet mas) tapi saya belum berencana withdraw gitu..Nunggu agak banyakan dikit mas:-) trims ya

    BalasHapus
  13. waduh mas... thanks banget infonya.
    kebetulan mas, aku baru buka account paypal. cuman belum verified. masalahnya, nama aku tuh cuman 1 kata mas. last name nya gak ada. akhirnya last name aku isi sama dengan first name. kira2 nanti jadi masalah gak ya mas? Padahal nama di KTP cuman first name aja.

    BalasHapus
  14. mas,aku baru buka account paypal nih. terus nama aku tuh cuman satu kata. padahal paypal minta 1st name and last name, akhirnya last name aku isi sama dengan 1stname.kira2 jadimasalah ga yananti? coz di KTP kan cuma 1st name aja?

    BalasHapus
  15. @Program bikin duit:
    Dari pengalaman temen2 & sy sendiri ga pernah ditanya lg harus verifikasi lg, kemungkinan ckp sekali verifikasi mas

    @Mas aji:
    sebetulnya mnrt sy lebih baik ngga pake last name mas, first name aja tktnya nanti bermasalah. Tp coba aja dl kl smp ga bs withdraw bikin br yg hnya pk first name aja..atau second namenya nama keluarga..atau family name

    BalasHapus
  16. Mas, Last Name ndak bisa dikosongin loh... harus diisi kata Paypal. kalo last name pakai nama keluarga/family name, kira2 ntar ditanyain gak ya mas pas verifikasi ama Paypalnya?
    emag kalo trnyata ga bisa withdraw, bisa di lempar ke account yg lain ya mas balance yg dah ada?
    Thx

    BalasHapus
  17. Selama account ngga dilimited sm paypal biasanya bs ditransfer, tp kt terbatas bikin 2 account aja mas tdk blh lebih..yg penting itu mas bs menyamakan nama di paypal dgn ktp,sim, dan nama di bank mas,krn sy jg di minta proof dr situ mas..sy jd bingung tkt jd bermasalah account mas ini, tp coba dl aja ..kl ada $10 coba aja withdraw dl ya, utk percobaan

    BalasHapus
  18. Mas, berarti alamat Paypalm sama dengan alamat email kita pas daftar ya?

    tolong dijelaskan ya mas... soalnya saya cari2, alamat paypal ku apaan.... gsk ketemu

    BalasHapus
  19. iya sama, email_paypal=email_kita (catatan email yang kita registrasikan di paypal)

    misalnya: alamat email sy abc@gmail.com maka alamat paypal juga abc@gmail.com , catatan abc@gmail.com ini diregistrasikan waktu pendaftaran paypal yah..

    BalasHapus
  20. wah mas... jika kita verifikasi pake atm yang ada maestronya bisa gak??? hehe.... caranya gimana???
    klo pake mastercard gimana mas??? BNI kayaknya ada mastercardnya ya???

    BalasHapus
  21. semuanya boleh dicoba mas siapa tahu bisa masuk, soalnya sy belum coba nih...

    BalasHapus
  22. apa gak di banned klo misal kita coba2 gitu?? lalu apanya yang dimasukin mas???

    BalasHapus
  23. yg dimasukkan adalah nomer mastercard atau visa nya mas..sy dulu pernah coba masukkan mastercard atm BNI tp ga bisa.. tapi ya karena ngga jadi masuk jadi ngga apa2..

    BalasHapus
  24. mas mau tanya klo nama kita terdiri dari 3 suku kata gimana yach kira2? apakah nama depan n nama belakang saja yg saya isi? nama tengah di ga usah ditulis?
    -=randy adhitya nugraha=-

    BalasHapus
  25. saya jd bingung jg mas Randy, apa kita tulis aja nama depan Randy, nama belakang Adithya Nugraha jadi ngga ada yang hilang mas..

    Nama belakang panjang kl ga slh ga apa2 mas.. sprt nama sy Yusa Inderapermana ..

    BalasHapus
  26. numpang nanya nee mas.. sy dah daftar di paypal tanpa kartu kredit dan berhasil. yg jd mslh sy coba daftar di sell link dan diminta paypal account. sy bingung paypall account yg dimaksud yg mana ya?

    BalasHapus
  27. ya maksudnya alamat paypal accountnya minta dimasukkan utk pembayaran nanti..misalnya dulu daftar pake email abc@yahoo.com berarti paypal accountnya abc@yahoo.com

    ya memang kl daftar paypal belum minta CC tp kl verifikasi paypal baru minta mas..bisa pake CC atau virtual CC utk verifikasi nanti..

    BalasHapus
  28. Mantaff nih tipsnya.. sangat bermanfaat buat yang mau bisnis di internet

    BalasHapus
  29. Thanks sama yah..:D

    BalasHapus
  30. mas untuk pengisian pada name kan ada first name dan last name lha saya cuma punya nama depan saja alias nggak ada nama belakang? bahkan di KTP, SIM, rek bank ya nama saya cuma yang first name saja ... ketika saya mau daftar di beberapa situs katanya dibutuhkan nama belakang kalau nggak ada nama belakang maka proses pendaftaran nggak bisa diteruskan lagi... mohon penjelasan ,mas

    BalasHapus
  31. kl sprt ini sy jg agak bingung jg mas, terakhir sy cek di paypal registrasi ada 3 kolom first, middle sm last name..

    last name penting mnrt orang bule krn biasanya nama keluarga mas..jg mnrt org bule pasti ada last name & bisa ngambil dr last name nama ayah..

    cuma kl di Indonesia kan beda mas, ..

    gmn kl dicoba dl aja cuma first name aja mas, registrasi di paypalnya?

    kl ngga, mungkin ngambil nama last name dari nama last name ayah..

    tp mas sendiri hrs punya nama rekening bank, KTP, atau SIM yang sesuai dengan nama yang mas ambil itu.. jd mungkin bisa lolos..artinya dokumen2 penting tetap sesuai dengan nama yang di ajukan ke paypal..

    BalasHapus
  32. Informasinya sangat berguna bos. Saya kesulitan withdraw ke mandiri. Tidak tahu masalahnya dimana.

    BalasHapus
  33. kenapa kira-kira mas..:| mgkn kl lbh jelas bs sy bnt jg..sy mampir blk yah..

    BalasHapus
  34. knp status n/a paypal ID saiia gag bisa dirubah rubah kang iia di buyblog? padahal saiia udah ikutin aturannya... di myaccount, change dsb.. tp selalu error yg keluar... tanya ke mereka (buyblog) sama ajja hasilnya...

    BalasHapus
  35. It is very interesting that I've read an educational post right now. Actually there are few that writes this way nowadays. Thank you very much, I got a lot of ides from you.

    BalasHapus
  36. @Genial:status gimana ya mas kalau bisa diperjelas pertanyaannya mas..

    kalau status paypal di buyblog mungkin itu bukan status paypal, mungkin ini status pembayaran di buyblog mas..

    kalau status paypal kan cuma bisa diliat di paypalnya aja mas..copian status biasanya lewat email

    @Eric:Thanks alot friend for your comment, I'm really appreciate..

    BalasHapus
  37. It is very interesting that I've read an educational post right now. Actually there are few that writes this way nowadays. Thank you very much, I got a lot of ides from you.

    BalasHapus
  38. you're welcome Agel. Thanks alot for your comment, I'm really appreciate.

    BalasHapus
  39. Terima kasih untuk infonya, mau tanya, idealnya kalo ingin mbuat paypall, harus ndaftar dulu ke paypall atau membeli vcc? Saya banyak melihat iklan berjual VCC, apakah vcc yang harganya Rp.60.000 sama dengan vcc yang harganya Rp. 150.000?

    BalasHapus
  40. Idealnya menurut sy daftar dulu mas, kalo beli VCC kan fungsinya utk verifikasi sedangkan verifikasi bisa dilakukan nanti..verifikasi ini dibutuhkan seblum kita bisa narik uang ke bank kita..

    Coba kita teliti dulu mas, krn disini mas tidak menjelaskan apa perbedaan antara VCC yang harganya 60 ribu dengan 150 ribu jadi sy tidak bisa mengatakan sama tidaknya..

    Cuma biasanya VCC memiliki masa berlaku coba teliti perbedaan masa berlaku VCC kedua ini, masa berlaku VCC yang lebih lama akan lebih baik artinya masa berlaku 1 tahun akan lebih baik dari 3 bulan mas..

    Kadang beberapa situs dlm transaksi meminta paypal yang masa berlaku VCC nya masih aktif contohnya www.godaddy.com

    BalasHapus
  41. Thanks for posting that article, it feeds the mind and eases the eagerness of the reader… Compassion to give such these information and things made a great contribution in the world of the website, for the one who sees it and need it like me…

    Hydroponics Supplies

    BalasHapus
  42. mas saya ingin memverified account paypal saya.tetapi maslahnya saya g punya credit card... pertanyaan saya, apakah bisa memverified tanpa menggunakan credit card?
    trmksh.......

    BalasHapus
  43. yup sekarang paypal bisa verifikasi dengan bank lokal mas, jd tanpa credit card juga udh bisa verified..

    BalasHapus
  44. blognya bagus bgt euy...

    saya msh amatir di dunia perinternetan, saya membutuhkan leader, yang ikhlas mau menjadi leader saya silahkan via e-mail : one_sofyana@yahoo.com

    TRIMZ . .

    BalasHapus
  45. ya sy jg dulu belajar dari tulisan2 nya orang aja mas..ngga ada guru khusus..hehe..:)

    BalasHapus
  46. saya udah punya akun paypal,cuma bingung manfaatinnya buat apa,coz blm punya bisnis ol sich

    BalasHapus
  47. ya mungkin, kapan2 kan paypalnya bisa dimanfaatkan mas..kl kita udh siap mo bisnis ol..

    BalasHapus
  48. alhamdulillah saya udah punya akun paypal, dulu daftar lewat akun bank.
    jadi udah transfer uang kemana saja.

    BalasHapus
  49. ok,slmt yah..

    BalasHapus