Pencarian

Custom Search

16 Juni 2008

Koneksi Internet dengan OpenDNS

17 komentar :

Rekan-rekan awalnya karena kondisi internet kantor yang lambat dan kurang diandalkan karena mendapat sharing bandwidth yang sangat kecil sehingga saya mencoba untuk mencari solusi agar koneksi internet di komputer kantor saya ini agak sedikit lebih cepat. Salahsatunya digunakan adalah menggunakan opendns. OpenDNS dapat setting nya juga bisa dipakai di keperluan internet di PC dirumah agar koneksinya dapat sedikit lebih cepat.Seperti yang kita ketahui DNS atau Domain Name System adalah tempat untuk mengtranslasikan nama domain WWW ke dalam ip address. Setiap domain yang masuk ke DNS server akan diubah menjadi ip address.

Bagaimana cara setting openDNS ini ? Caranya sangat mudah, rekan dapat mensetting DNS server rekan di komputer sendiri dengan tahap-tahap :
1. Masuk ke control panel.
2. Kemudian pilih "Network Connections" lalu pilih local connection yang ada.
3. Lalu pilih internet protocol.
4. Lalu masukkan nomer DNS untuk server 1 dan 2 yaitu 208.67.222.222 dan 208.67.220.220.



















































Open DNS juga katanya merupakan "Award Winning DNS Service" yang berlokasi di San Francisco. Menurut situs openDNS sendiri, mereka mengklaim bahwa service openDNS ini dapat mempercepat akses internet, lebih aman, lebih smart, dan reliable. Setiap bulan situs opendns.com juga mengumumkan statistic untuk phishing site yang dikelola di situs www.phistank.com. Sebuah community dimana setiap orang dapat memberitahukan bila ada phising site. Total member komunitas ini sekarang mencapai 67.105 dan telah ada 15.770 suspect dari situs-situs SCAM.

Berdasarkan keterangan openDNS juga, penyebab cepatnya akses internet lewat DNS mereka adalah karena mereka menggunakan anycast routing technology. Arti setiap permintaan data ke DNS dari mana saja akan diarahkan dari data center yang terdekat. Anycast routing dapat berarti pula, kita secara otomatis diarahkan ke data center yang terdekat bila sedang ada maintenance atau downtime.

Ya, memang agak sedikit ada perubahan rekan-rekan setelah menggunakan open untuk mengakses situs-situs internasional memang agak sedikit lebih cepat, Walau tetap saja tergantung pada sinyal yang masuk. Ya mudah-mudahan dapat bermanfaat. Wassalam.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

17 komentar :

  1. aman gak ya bro pake gituan ?

    BalasHapus
  2. bos q mau praktek nee... tapi takut error emang ga papa ya? soalnya komputer kantor nee... takut klo ada apa2 ke ke ke ?

    BalasHapus
  3. Re Mas Ton :
    Kayanya aman kok mas Ton, saya juga sebenernya udh lama pake openDNS dari tahun 2007 kemarin..bulan2 kemarin stop dulu .. pake lagi sekarang2..ga ada masalah apa-apa.. tapi kalau agak ragu-ragu pakai aja untuk surfing..

    OpenDNS pada dasarnya seperti yahoo dan google cari pendapatan dari advertising.. bahkan banyak institusi pendidikan dan kesehatan di US memakai openDNS untuk menyaring situs2 phishing dan pornografi

    Re Mas Iksan :
    Ya ga bakal error..kalau mau balik lagi ke DNS sebelumnya bisa di kosongkan lagi aja tempat untuk pengisian DNS nya dengan obtain DNS address automatically..

    BalasHapus
  4. hwek.... gud ulasannya bro....

    BalasHapus
  5. Makasih utk commentnya mas..thanks..

    BalasHapus
  6. so pasti bermanfaat mas..terutam abuat aku yang komku sering lelet kayak kena pelet nih,he..he...

    BalasHapus
  7. makasih utk commentnya mba..ya mdh2an bisa dpt membantu..

    BalasHapus
  8. info bagus bro tanks bener ya he he he

    BalasHapus
  9. makasih mas..thanks jg udh comment

    BalasHapus
  10. mantab neh bro tipsnya...bisa dicoba...thanx ya

    BalasHapus
  11. thanks juga Mas Bilah utk commentnya..

    BalasHapus
  12. makasih buat tipsnya, sempet ragu pake kaya gituan

    BalasHapus
  13. Gpp kok mas, sy udh coba pake opendns ini hmpr 2 tahunan ga terjadi apa2..mlh jadi lebih aman..

    BalasHapus
  14. terimakasih atas info tentang entrecard...mudah2an bermanfaaat !

    BalasHapus
  15. ok, sama2 mas..:)

    BalasHapus
  16. oh, open DNS buat itu yah?? bru tahu..

    BalasHapus