Pencarian

Custom Search

12 Oktober 2008

Tips menggunakan laptop untuk mobile blogging

10 komentar :
Laptop bagi sebagian orang kini adalah tempat untuk menuangkan ide-idenya dan merupakan teman setianya dimanapun dia berada. Apalagi saat ini jaman sudah mengarah ke internet mobile dengan segala keterbatasannya kitapun saat ini mengikutinya apalagi bagi seorang internet money maker sepertinya peralatan internet mobile merupakan sebuah alat yang sangat membantu Bagaimana tidak, bisa jadi email yang datang jam ini adalah merupakan orderan dari advertiser tetap kita, mungkin advertiser yang datang lewat broker atau mungkin deal-deal baru lainnya. Oleh karena itu, walaupun bukan suatu keharusan bagi seorang internet money maker semua yang berbau mobile apakah itu memakai hp ataupun laptop karena mobilitas blogger yang tinggi merupakan sebuah tambahan alat yang sangat membantu.

Untuk teman-teman yang baru memulai dibisnis internet, kita juga bisa mulai dari sekarang untuk merancang ke arah mobile blogging walaupun awalnya mungkin kita mengerjakan job dari warnet ke warnet. Yang paling penting kalau kita menggunakan warnet adalah selalu mengingat untuk menghapus password, cookies, browsing histories di clear private data dari browser yang digunakan. Gunakan browser Mozilla firefox atau opera agar private data kita setelah surfing bisa kita hapus. Ini tidak lain untuk keamanan account-account kita agar private data kita seperti password dan cookies terhapus dan tidak diakses oleh orang lain.

Sedikit-sedikit kalau kita mulai sukses bisnis internet pasti income kita akan terus bertambah, usahakan agar kita juga menabung-nabung dari hasil bisnis internet tersebut. Alat pertama yang dapat membantu kita untuk blogging di internet adalah HP, bisnis kita di internet akan sedikit terbantu dengan keberadaan hp ini. Bila sudah mencukupi bolehlah kita membeli HP yang bisa untuk mobile blogging saat ini HP 3G saja harganya sudah dibawah 1,5 jt, nah agar tidak ketinggalan teknologi beli saja HP yang sudah ada 3G nya, walau untuk saat ini sudah banyak HP 3,5G tapi harganya masih relatif mahal. Jangan lupa juga untuk memilih HP yang ada bluetoothnya agar bisa untuk browsing di computer dan bisa untuk browsing di laptop. Sekarang sudah banyak operator yang menawarkan jasa internet 3G bahkan 3,5 G seperti indosatM2, quasar mobilequ.web.id, dll. Coba cari operator yang cocok untuk lokasi teman-teman termasuk jangkauan sinyalnya. Kita juga bisa koneksi internet via laptop dengan Bluetooh via DUN connection dengan memakai kartu IM3 tapi dari pengalaman saya kalau pakai IM3 lebih baik memakai hp dengan software operamini 3.1 atau 4 saja daripada dihubungkan ke laptop karena biayanya relatif mahal. Software operamini dapat di download di http://operamini.com

Alat kedua yang mungkin bermanfaat untuk mobile blogging adalah laptop, bila rekan-rekan kemudian sudah cukup banyak mengumpulkan uang dari internet ya sebisa mungkin membeli laptop. Sekarang sudah banyak laptop harga 4-5 jutaan yang kecepatan dan kualitasnya bagus. Usahakan membeli laptop yang ada Wifi nya untuk menangkap sinyal hotspot untuk internet, seperti yang kita ketahui banyak tempat-tempat yang bisa untuk hotspot gratisan seperti di mall atau didekat kantor-kantor pemerintahan. Termasuk juga feature lainnya seperti modem, LAN slot, DVD-RW, PCMCI slot, Bluetooth dll.

Tips menggunakan laptop untuk mobile blogging yang perlu di perhatikan adalah :

a. Untuk mobile blogging bisa kita koneksi dari HP ke laptop via Bluetooth, bisa juga lewat hotspot lewat Wifi.

b. Usahakan menempatkan laptop ditempat yang datar jangan sampai menghalangi sirkulasi udara yang masuk dan keluar laptop. Biasanya yang sedikit penting di perhatikan dari laptop ini adalah masalah panas dari laptop itu, jadi jangan samakan penggunaan laptop kita seperti computer biasa yang bisa dipakai untuk seharian. Perhatikan jam pemakaian laptop kita secukupnya.

c. Hal lain yang penting tentang laptop ini adalah tentang baterai, hindari over discharge dan over charge dari baterai laptop. Over discharge artinya jangan menyimpan baterai laptop terlalu lama sampai 2 bulan tanpa di charge. Dan untuk menghindari over charge sebisanya dalam 30 hari atau 20 kali pengisian ulang, baterai benar-benar dipakai sampai kosong agar dapat diisi seperti pertama kali pengisian. Lepas baterai bila laptop akan tidak digunakan untuk waktu yang lama.

d. Laptop ini bisa dibilang merupakan alat yang sensitif berbeda jauh dengan komputer biasa oleh karena itu pemakaiannya harus hati-hati jauhi akan goncangan terhadap laptop dan jangan membawa bolak balik laptop saat beroperasi karena mempengaruhi kinerja hardisk.

e. Sebisanya bila mau dibawa bolak balik laptop dalam keadaan dimatikan dan jangan menutup tutup laptop terlalu lama saat keadaan hidup.

f. Jauhkan pemakaian laptop dari air, dan bersihkan laptop dengan kain yang halus dan untuk LCD menggunakan kapas.

Ya mungkin sedikit sharing saya kali ini sebagai sesama pemakai laptop dan internet money maker. Ya mudah-mudahan bermanfaat.

Wassalam.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

10 komentar :

  1. laptop itu se sensitip seorang gadis kali ya....hehehe

    BalasHapus
  2. Lagi nabung nih buat beli laptop. Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah terkumpul. Pindah2 warnet terus capek euy. :D

    BalasHapus
  3. Wah Mantep nih tipsnya, thanks mas...

    BalasHapus
  4. kayaknya baru beli laptop baru nich....

    BalasHapus
  5. Kadang kala kita butuh fasilitas yg memadai untuk produktif dalam tujuan kita....( Sekedar Opini )

    BalasHapus
  6. Laptop??? waduh..ga punya tuh,Mas.. :)

    BalasHapus
  7. jangan terlalu banyak menggunakan laptop... sayangi bateere

    BalasHapus
  8. Re Mas Gus :
    memang bener sensitif ..ya beda sdkt mgkn sm cw..

    Re Mas Ecko :
    ya mdh2an cepet dpt mas..

    Re Mas Muji :
    Thanks jg..

    Re Mas Ik :
    ya lumayan dpt nambah2 dr internet..

    Re Mas Robbie :
    memang perlu kl kita mobile mas..

    Re Mas Nenad :
    ya gpp

    Re Mas Anang :
    kelemahan laptop mmg di betere mas..

    BalasHapus
  9. ok, thanks untuk artikelnya..:)

    BalasHapus