Pencarian

Custom Search

07 November 2008

Tips menjalin relasi dengan advertiser (1)

8 komentar :
Menjalin relasi dengan advertiser atau client adalah hal yang sangat penting bagi bisnis di internet. Artinya kita bukan hanya sekedar mengerjakan jobs lalu selesai. Namun ada kemungkinan bila advertiser puas dengan pekerjaan kita, advertiser tersebut akan menghubungi kita melalui kontak. Tentunya kita juga harus menyelesaikan pekerjaan tersebut sesuai permintaan dan note dari advertiser. Saya baca-baca juga dari tulisannya seorang freelancer sukses seperti www.andybudd.com keahlian menjalin relasi baik dengan advertiser ataupun dengan client adalah sangat penting. Disini bahasanya kalau untuk freelancer adalah client, sedangkan blogger adalah advertiser. Bila kita bisa menjalin relasi yang baik dengan advertiser atau client job itu akan datang sendiri kepada kita.

Bagaimana upaya kita untuk menjalin relasi yang baik dengan advertiser :

a. Mengerjakan job sesuai dengan yang diinginkan oleh advertiser. Beberapa hal yang saya amati disenangi oleh advertiser seperti memasang gambar logo perusahaan, memasang contoh produknya, menebalkan link anchor text, mengerjakan pekerjaan tepat waktu, grammar bahasa inggrisnya yang bagus, melebihkan sedikit jumlah word dari jumlah yang ditentukan advertiser, tidak pernah memakai tag no follow untuk link ke advertiser, dan lain-lain.

b. Sapalah kembali email yang datang ke inbox kita dengan baik. Sebagai contoh pembukaan dari email kita seperti “Hi, thanks for your recent email and your offer….” Seperti itu, ya yang lain juga boleh seperti “Hi, how are you today? It’s very nice to get email from you…” bisa kita buat sesuai dengan kata-kata kita sendiri.

c. Selanjutnya, bila ada jawaban dari advertiser seperti ini “I’m really want to business with you, we see here long term partnership..” atau seperti “ I’m really interested to get good respon from you ..” artinya advertiser memang serius menawarkan pekerjaan kepada kita dan ingin bekerjasama dengan kita bahkan dengan skala waktu yang panjang.

d. Disini kita jangan terburu-buru memasang harga tinggi apalagi mereka belum begitu hapal dengan kualitas tulisan-tulisan kita. Bargaining power kita sebenarnya cukup baik tapi kita jangan terlalu masang harga tinggi sesuaikan saja dengan pasaran. Misalnya, “ how about $ 7 ?” ya lebih tinggi dari itu juga bisa asalkan kita yakin saja.

e. Selanjutnya advertiser pasti akan nawar dan menekan harga yang kita tetapkan. Ya sedikit tawar menawar bolehlah sampai harga yang disepakati bisa dicapai kita senang dan advertiserpun senang.

f. Jangan takut untuk mengatakan tidak kepada situs gambling atau situs porno, bahkan ketika saya bilang “I can’t accept g4mbling or p0rn site in my blog”. Jawaban dari advertiser ternyata “ I’m really glad to hear that, I’m also hate that kind of site.” Berarti memang benar advertiser juga banyak yang tidak suka dengan jenis situs ini.

Ok, mungkin nanti saya teruskan lagi ok postingan tentang tips menjalin relasi dengan advertisernya. Wassalam.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

8 komentar :

  1. masalahnya belum ada direct advertiser yang nyangkut di blogku hihihihi.....

    BalasHapus
  2. ohya?ada sistem kontrak juga ya. ehm..kayaknya kok menarik sih.tapi sayangnya harus pakai bahasa ingris ya mas?

    BalasHapus
  3. @Iksan : ya gpp mas..mgkn kpn2 ada kesempatan lwt kontak jg..

    @Mba Dian :iya memang ada, ya krn advertisernya juga bahasanya inggris mba..

    BalasHapus
  4. wah mantap mas rencananya ada nih mau mencoba bisnis ini :)

    BalasHapus
  5. @Papapam:ya sm2 jg mas ..sy jg belajar jg ni..hehe

    @Tony:Ya di coba aja mas, mdh2n bs berhasil

    BalasHapus
  6. salam kenal Oom.
    tertarik menyimak tentang direct advertiser tp belum ngerti cara ngedapetinnya. apa perlu daftar? or nyamperin sendiri.
    ada penjelasan gak tentang ini gak Oom.
    maklum Nubie.
    anyway..thanks infonya. and cute site

    BalasHapus
  7. dr pengalaman sy biasanya direct advertiser nyamperin sendiri mba..kl sy kebetulan lewat email..nah disini bila ternyata dpt kesempatan sprt ini, jgn kita cuekan sj tapi kt tanggapi sprt biasa contact2 email, dll .. bila advertiser setuju biasanya minta dibuatkan reviewnya..

    ya karena direct atau rekanan langsung kita tidak perlu daftar

    BalasHapus