Pencarian

Custom Search

15 Januari 2009

Beberapa Trend Social Networking di tahun 2009

22 komentar :
Fenomena perkembangan social networking seperti facebook (www.facebook), twitter (www.twitter.com), linkedin (www.linkedin.com) atau myspace (www.myspace.com) mengingatkan pada era perkembangan dotcom di tahun 90-an dimana saat itu memang sedang banyak bermunculan site dot com baru dan perusahaan berlomba-lomba untuk membuat situs dot com nya di internet. Evolusi perkembangan internet sekarang sepertinya mengarah ke evolusi perkembangan social networking. Dari beberapa situs social networking yang ada saat ini yang berpotensi muncul mendominasi social networking adalah salah satunya twitter dan facebook. Untuk linkedin sepertinya adalah business to business social networking, sedangkan myspace sepertinya masih tanda tanya apa popularitasnya masih di atas atau tergeser oleh facebook tahun 2009 ini? Beberapa sumber postingan seperti Michael Arrington founder www.techcrunch.com menulis bahwa ada kemungkinan Facebook akan menggeser Myspace tahun ini “Will Facebook Overtake MySpace In The U.S. In 2009?” Bahkan untuk kalkulasi grafik traffic dari www.compete.com ternyata traffic myspace dan facebook sudah sama.

























Diantara myspace, linkedin, twitter dan facebook sebenarnya yang memiliki ciri-ciri dan karakter paling menonjol adalah antara facebook dan twitter. Keduanya mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing. Sebagai user dari Indonesia kebanyakan teman-teman disini memakai friendster, namun saya juga menemukan sesuatu tools yang berbeda dari facebook dibandingkan dengan friendster sehingga orang bisa benar-benar addict menggunakan facebook. Komunitas facebook Indonesia juga sudah semakin besar terlihat dari traffic alexa di Indonesia dimana facebook menempati urutan ke-6.

Kenapa orang menyukai Facebook?

Facebook disukai dan bisa membuat orang addict karena kemudahan untuk berkoneksi dengan teman-teman, bahkan dengan teman baru. Facebook ini hampir memiliki semua ada tools untuk email, chatting, upload image dan video sharing. Untuk pengguna facebook biasanya menyukai berinteraksi langsung disini karena facebook memiliki tools yang lengkap. Kita jadi tidak perlu lagi logging ke AIM, Yahoo Messenger, Gmail, Hotmail, Flickr, Youtube, Myspace, dll karena di facebook sudah ada semuanya. Facebook ini adalah sebuah alternatif semua aplikasi dengan hanya sekali login. Inilah yang menyebabkan bertambah cepatnya pertumbuhan pengguna facebook.

Kenapa orang menyukai Twitter ?

Kegunaan twitter bukan seperti di facebook yang memiliki semua tools yang lengkap bahkan twitter ini aplikasinya sangat sederhana sekali. Kelebihan twitter ini adalah kesederhanaan dan kelebihan update reply yang live atau langsung. Platform twitter ini sangat sederhana sekali dan perpaduan antara pesan pendek dan blogging. Oleh karena itu orang banyak yang menyebutnya sebagai microblogging. Untuk para bloggers, online marketers, ataupun internet business akan menemukan bahwa twitter sangat bermanfaat sekali. Perusahaan komputer Dell pun mengakui bahwa karena dengan adanya twitter ini membantu perusahaan untuk menghasilkan $1 juta revenue pada tahun 2008. Dell membuat account twitter pada tahun 2007, perusahaan ini berlokasi di Austin, Texas. Sekarang Account Twitter Dell mempunyai 65 twitter grup dan memiliki 2590 followers.

Untuk perkembangan social networking ini kedepannya ya kita tunggu saja. Seperti bisnis internet pada umumnya ada traffic ada iklan. Ya begitulah sepertinya sebagian besar pola monetisasi situs-situs ataupun blog saat ini. Ini juga sudah sampai ke twitter yang sebetulnya platformnya sederhana sekali tapi sudah ada beberapa situs yang bergerak dalam monetisasi atau “monetization” twitter seperti www.twittad.com atau juga twitter blaster. Ok, mungkin sekian dulu postingan kali ini. Wassalam.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

22 komentar :

  1. fesbuk juga maintainnya bagus, banyak akun yang jahil bisa di ban sama dia, jadi keamanan dan kenyamanan pengguna juga diperhatikan oleh pengelolanya...

    BalasHapus
  2. Setuju sama suryaden, facebook lebih secure daripada yang lain, meskipun masih ada celah sih buat masuk, dan perkembangan user facebook di tahun 2008 sangat signifikan ...

    Nice post thanks ...

    BalasHapus
  3. aq milih friendster ae mas yusa...heheheheh.....

    BalasHapus
  4. q taunya friendster ama yuwie hihih

    BalasHapus
  5. makasih atas infonya
    trus gmana cara buat total visitornya

    BalasHapus
  6. aq kagak paham cara buat post a commentnya.....
    apa nama yahoo mesenggernya bang

    BalasHapus
  7. Submit your Blog to our Newest PR 3 Web Directory for Bloggers. Visit KeywordDir.info

    BalasHapus
  8. casual cutie blm ikutan twitter atopun facebook. katanya sih memang udah terbukti bisa meningkatkan traffic

    BalasHapus
  9. oooo jd begitu thx atas pencerahaanya

    BalasHapus
  10. Submit your Blog to our Newest PR 3 Web Directory for Bloggers. Visit KeywordDir.info

    BalasHapus
  11. @Suryaden:yupz..setuju mas..memang facebook lebih bagus keamanannya..

    @Abang:iya setuju juga nih..

    @Tiyo:ya memang dr dulu sy jg pk friendster tp pas pk facebook sedikit agak bgs loh..

    @Iksan:ya kl yuwie kan utk nmbh2 doku hehe..

    @Katobengke:total visitor gimana yah??ini kan widgetnya otomatis mas..yahoo mesengger sy yusa95..

    @Kristina:thankss bgt

    @Keyword:thanks for info

    @Casual Cutie:iya bener mba..sy rasakan sendiri sih..hehe..

    @Rykers:yupz..hehe..:D ..sama2 ya..

    BalasHapus
  12. aku lebih aktifnya di twitter :D

    BalasHapus
  13. Yuzp..sama maz..sy juga aktif juga di twitter..

    BalasHapus
  14. Jadi Facebook komplit banget ya..perlu di coba nich....Twitter kayaknya menarik

    BalasHapus
  15. Betul mas..sy jg bnyk ketemu temen2 sma sm kuliah disana komplit bgt..twitter juga asyik..bnyk info baru..

    BalasHapus
  16. Facebook uda rank 5 besar loh di alexa myspace kalah
    twitter juga
    youtube menang rankin 4 dia
    hhahaha

    BalasHapus
  17. Twitter sama Facebook sama2 favoritku

    BalasHapus
  18. punya myspace tapi lebih comfort dengan facebook. whatever, benar, dunia semakin sempit :)

    BalasHapus
  19. @Budz:ya memang benar mas..hehe..kan twitter masih baru mas..

    @Danta:wah sama donk..hehe..:D

    @Bill:iya ya..sy juga bisa2 nya ketemu sm temen2 sma & kuliah lagi udh hampir 14 thn lebih ga ketemu temen2 sma malah ketemu di facebook..

    BalasHapus
  20. ok..thanks for sharing..

    BalasHapus