Pencarian

Custom Search

05 Januari 2009

Mengenal Twitter dan Resource nya

11 komentar :
Twitter (www.twitter.com) adalah sebuah situs social networking yang sering disebut sebagai mikro blogging device. Twitter ini adalah sebuah komunitas besar seluruh dunia yang bisa saling membagi pesan update di platform twitter. Tercatat di www.twittercounter.com sudah ada sekitar 4 juta pengguna twitter di seluruh dunia dan saling berbagi pesan di twitter. Bahkan juga disini salah seorang Top User di twitter no.1 ini adalah Barrack Obama, Presiden US yang kemarin baru terpilih itu. Rekan-rekan disini juga bisa mengikuti jejak twitter-twitter lainnya, terutama bila rekan-rekan mempunyai seorang favorite hebat seperti techcrunch, problogger , atau John Chow bisa mencoba untuk mengikuti jejaknya secara update. Bisa dibilang sebuah kebanggaan kalau seorang yang kita favoritkan ternyata mem-follow balik twitter kita. Resources yang digunakan untuk twitter biasanya terus berkembang dan biasanya dikembangkan oleh user-usernya. Biasanya bila sudah mengetahui kelebihan twitter ini menjadi addict to twitter..hehe.. Ok, mari kita mengenal tentang twitter ini.

Online Tools, dan Web Sites

Twiptpic (www.twitpic.com) adalah situs tempat untuk saling membagi foto di twitter. Banyak juga aplikasi twitter lainnya sebetulnya yang juga populer dan memiliki interface yang mirip dengan twitpic. Disini kita bisa menambahkan foto ke posting yang kemudian diconvert menjadi URL Twitpic.

Kalau rekan disini seorang user yang aktif di berbagai social networking seperti facebook, twitter dan identica, situs SocialToo (http://socialtoo.com) ini dapat membantu anda untuk memanaje interaksi online di twitter dan facebook. Untuk feature di twitter, SocialToo juga mempunyai feature seperti online surveys, auto-follow/unfollow, dan direct messages untuk memberikan ucapan selamat datang kepada follower baru. Dengan socialtoo anda juga bisa menerima daily stat message yang dikirimkan ke email.

Twitter sebenarnya terbatas hanya untuk membuat posting sejumlah 140 karakter. Twitlonger (www.twitlonger.com) adalah sebuah servis yang bisa memecah posting yang cukup panjang sehingga bisa dipecah menjadi posting yang lebih pendek.

Yammer (www.yammer.com) adalah sebuah situs yang mirip twitter dan khusus diperuntukkan untuk keperluan sebuah perusahaan. Biasanya perusahaan menyukai yammer ini karena bisa saling mengirimkan pesan tweet dalam lingkup perusahaan, caranya adalah dengan login dengan work email yang telah diberikan oleh perusahaan, sehingga tiap orang dapat berkumpul dalam satu komunitas untuk saling berbagi pesan singkat.

Twittercounter (www.twittercounter.com) adalah sebuah website yang bisa membuat laporan jumlah follower yang mengikuti account twitter kita atau user lainnya. Situs ini juga memberi sebuah grafik perkembangan follower kita dan juga statistik lain seperti kecenderungan perkembangan follower, rata-rata pertambahan follower dan beberapa feature lainnya. Untuk memasangnya diblog ada kode html khusus yang harus dicopy ke dalam blog kita. Disini kita bisa memilih 4 tipe counter yang kita sukai berdasarkan bentuk dan warna.

Salah seorang user twitter, Dan Zarrela seorang ahli social dan viral marketing menjalankan ReTweet Mapper (http://danzarrella.com/rtm-most.php) di blognya. Mapper ini bisa memperlihatkan berapa banyak user yang di reply per jam, hari dan minggu. Servis ini sebenarnya masih dalam tahap beta, oleh karena itu ya tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Tweettree (http://tweetree.com) adalah sebuah situs yang dapat membantu user twitter untuk melihat reply dari user yang mereplay terhadap pesan kita dalam urutan waktu.

TweetDeck (http://www.tweetdeck.com) adalah sebuah aplikasi dari Adobe Air Desktop yang memungkinkan orang untuk mengkonfigurasikan searches dan views dalam urutan waktu di twitter. Kalau anda difollow banyak orang di twitter, atau sedang mencari cara untuk memanaje volume pesan di twitter, twitterDeck ini dapat sangat berguna.

Browser Addins dan Desktop Aplikasi

Twitzer adalah sebuah Firefox extension yang memungkinkan anda untuk membuat posting lebih panjang dari 140 karakter. Ini juga bisa mengkonversikan link kedalam tinyURL.com sehingga link menjadi lebih singkat. Twitzer dapat didownload di http://shorttext.com/twitzer.aspx.

TwitterFox (diketahui sebagai TwitterNotifier) adalah sebuah Firefox extension yang dapat mengingatkan anda atau teman anda di twitter. Ekstensi ini adalah sebuah icon kecil di status bar sehingga bisa memberikan tanda kalau teman anda update tweet. Twitterfox dapat diinstall dari http://www.naan.net/trac/wiki/TwitterFox

Aplikasi Mobile

Tweetie (http://www.atebits.com/software/tweetie) adalah sebuah feature rich aplikasi di iPhone. Ini termasuk juga standar kapabilitas (tweets, replies, direct messages, etc) tapi bisa juga untuk view profiles, search, follow/unfollow.

Twitterfon (http://www.naan.net/trac/wiki/TwitterFon) dan Twitterrific (http://iconfactory.com/software/twitterrific) adalah full kapabilitas aplikasi Twitter untuk iPhone. Kedunya gratis dan dapat di download di iTunes App Store.

Referensi

Untuk referensi tulisan ini adalah Guy Kawasaki, Seorang Pendiri Aplle Fellow dan Macintosh Evangelist, juga seorang penulis How to Change The World Blog dimana beliau membuat tulisan tentang “How to use Twitter as a Twool” dengan alamat blognya di http://blog.guykawasaki.com atau di situsnya www.guykawasaki.com

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

11 komentar :

  1. @Afif:yupz..boleh mas..

    @Iksan:ya memang sy pengen coba utk menjelaskan sejelas-jelasnya mas tentang twitter ini..

    BalasHapus
  2. Thanks..samaa2..

    BalasHapus
  3. Thanks mas..

    BalasHapus
  4. wow paket komplit nih ^^
    apa mas yusa addict tweet jg nih ?

    BalasHapus
  5. Iya mba, sy jadi mulai sedikit addict sm twitter.. sedikit

    BalasHapus
  6. mantab mas keterangnya, ibarat nasi goreng pake telor.. jadi sepesial gitu loeh.. hehe

    BalasHapus
  7. thanks bgt mas...:)

    BalasHapus