Pencarian

Custom Search

11 Maret 2009

Kode pencarian spesifik di search engine google

19 komentar :
Setiap kita melakukan pencarian di search engine umumnya biasa mengetik keyword-keyword yang mendekati dengan dokumen yang kita cari, contohnya : pencarian [situs sepak bola olahraga berita] di google ketika ingin mencari situs sepak bola di google, dan banyak juga contoh lain. Ini merupakan metode pencarian yang umum, sebetulnya ada kode khusus untuk pencarian advanced. Kode ini saya kutip dari ebooks “Ultimate Guide to Advanced Searching”.

Kode-kode pencarian yang lebih spesifik atau advanced di search engine google adalah:

allintext contoh pencarian [allintext: sport entertainment lounge] maka hasil pencarian yang keluar adalah semua yang mengandung keyword ini ini yaitu sports entertainment dan lounge.

allinanchor contoh pencarian [allinanchor:historis restoran indonesia] maka hasil pencarian yang keluar adalah anchor text yang dilink oleh url-url link. Link url dengan anchor kata historis, restoran dan indonesia.

cache contoh pencarian [cache:http://www.yusaindera.com] maka hasil pencariannya adalah mencari apakah situs ini sudah masuk atau di cache oleh google.

link contoh pencarian [link:http://www.yusaindera.com] maka hasil pencariannya adalah menunjukkan jumlah backlink situs tersebut di google.

site contoh pencarian [site:http://www.yusaindera.com] maka hasil pencariannya adalah menunjukkan keberadaan situs dan jumlah internal links www.yusaindera.com

allintitle contoh pencarian [allintitle:sport trivia] maka hasil pencariannya adalah semua situs/blog yang title/judulnya mengandung kata sport dan trivia. Meta tag yang berhubungan dengan ini adalah Tag H1.

allinurl contoh pencarian [allinurl:google faq] maka hasil pencariannya adalah semua situs/blog yang URL situsnya mengandung kata google faq. Misalnya yang keluar di search engine url seperti ini www.google.com/help/faq.html.

author contoh pencarian [author:stephen king] maka hasil pencariannya adalah semua situs/blog yang author/pengarangan-nya adalah stephen king. Meta tag yang berhubungan dengan ini adalah Meta Tag <meta content='stephen king' name='author'/>

define contoh pencarian [define:football] maka hasil pencariannya adalah seluruh definisi atau penjelasan tentang kata football dari berbagai website/blog.

filetype contoh pencarian [uud 1945 filetype:pdf] maka hasil pencariannya adalah situs-situs atau blog yang melink ke file UUD 1945 yang berbentuk pdf.

info contoh pencarian [info:www.yusaindera.com] maka hasil pencariannya info tentang situs www.yusaindera.com beserta title dan meta description nya.

insubject contoh pencarian [insubject:twitter] maka pencarian akan pertama dilakukan ke seluruh google groups dulu, dan menampilkan artikel-artikel yang ada di google group.

intitle contoh pencarian [lowongan kerja intitle:indonesia] maka hasil pencariannya adalah situs-situs atau blog yang judul/title nya Indonesia dan diantara kata deskripsinya mengandung lowongan dan kerja.

inurl contoh pencarian [inurl:print site:www.googleguide.com] maka hasil pencariannya adalah url di situs www.googleguide.com yang mengandung kata print.

Location contoh pencarian [majalah location:indonesia] maka hasil pencariannya adalah situs-situs atau blog yang mengandung kata majalah dan lokasinya di Indonesia.

Ya mungkin ini kode-kode pencarian yang dapat berguna untuk melakukan pencarian lebih lanjut di search engine google. Untuk contoh pencarian diantara tanda [] nanti di search engine tanda [] tidak perlu dimasukkan lagi. Ini hanya untuk menandai saja di postingan saya ini. Cukup misalnya allintext: daftar masakan , maka akan menghasilkan pencarian tentang semua situs yang mengandung keyword daftar dan masakan. Ok sekian dulu posting kali ini. Wassalam.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

19 komentar :

  1. Infonya bagus mas, soalnya saya gak bisa nyari blog saya di google.Mudah2an infonya bisa bermanfaat bagi saya.

    BalasHapus
  2. lengkap banget mas, yang baru bagi saya yang allinanchor, tirmakasih karena ada tambahan yang penting sekali itu...

    BalasHapus
  3. @Kesepian: sama2 mas..:D

    @Suryaden: Thanks juga ..:)

    BalasHapus
  4. sip..infonya....skalian ngucapin met pagi

    BalasHapus
  5. yupiii...infonya bagus mas yusa. ntar posting juga ya gmn caranya jadi Top 10 di Google...

    BalasHapus
  6. @Iksan:thanks..met pagi juga ..

    @Casual cutie:itu kan ttg SEO mba..sbnrnya udh bnyk blog lain yng menjelaskan tentang SEO..

    BalasHapus
  7. Completely great info!!!
    Thx a lot for inform it to whole of us.

    Salam kenal bro...

    BalasHapus
  8. Wahh info menarik nih.
    Biasanya saya langsung ke keyword aja buat googling.
    Ijin save page as ya bro...

    BalasHapus
  9. Wey keren bgt infona Mas.
    Lama tak basuo..mih

    BalasHapus
  10. kayaknya saya punya tool buat googling nya mas..
    namanya google hack..

    BalasHapus
  11. @SEO Student:thanks alots..slm kenal juga yah..:)

    @Brandal surga:ok sama2 thanks yah...:)

    @Ches:yupz..thans Ches..

    @KaviBorland:Wah boleh jg kl softwarenya disharing nih..:D

    BalasHapus
  12. wah saya dapat tutorial baru nih, kemarin2 dapat cara nyari sesuatu dengan nulis extension nya, kaya .jpg, .pdf, sekarang udah dapat lagi cara yang baru

    info yang keren mas ... :)

    BalasHapus
  13. iya mas, ya mudh2an bisa bermanfaat nih..:D

    BalasHapus
  14. saya sangat terbantu dengan penjelasannya. pas baca langsung praktek dan paham...

    ini sangat berguna bagi saya.

    thank mas.....

    BalasHapus
  15. ok..sama2...:)

    BalasHapus
  16. really nice post!! thanks for sharing :D

    BalasHapus