Pencarian

Custom Search

10 Mei 2009

Tips twitter : cara menggunakan Hastags (#)

20 komentar :
Seminggu yang lalu saya agak sedikit istirahat blogging karena selain harus menumpas virus conficker yang mengganggu jaringan LAN kantor, juga harus mulai desain-desain website kantor juga nih. Walaupun demikian saya tetap melanjutkan pekerjaan repiu-repiu seperti biasa dan juga mencari beberapa domain di www.godaddy.com . Lumayan juga memang kalau memakai coupon godaddy harga domain yang tadinya sekitar $10,7 malah menjadi $7,69, pengiritan juga sebesar $3. Blogwalking juga kebeberapa teman-teman dan membaca tulisan-tulisan blogger-blogger baik di reader.google.com ataupun di microsoft outlook. Seperti biasa juga mengecek account twitter dan hari minggu membuat mendesain untuk blog ini. Cukup menguras tenaga juga namun saya tetap masih ada tips-tips yang akan saya tampilkan, khususnya untuk pengguna twitter.

Nah, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan hastags di twitter ini? Pada postingan yang lalu saya juga menjelaskan tentang maksud dari hastags ini adalah salah satu cara menambah follower di twitter. Cerita dibalik munculnya hastags adalah karena untuk kemudahan searching di twitter. Sebenarnya twitter sendiri tidak pernah membuat simbol hastags, oleh karena itu ada seseorang yang mempunyai ide untuk membuat situs hastags di http://hashtags.org/.

Hastags adalah sebuah pesan di twitter yang mempunyai ciri pesan yang didahului oleh simbol #. Contoh pesan di hastags adalah :

how to make hastag when you #blogging, you can visit here http://ow.ly/5b6p

Nah, seperti itulah bentuknya sehingga kata blogging mendapatkan hastags dan masuk secara live ke situs http://hastags.org. Selain itu kelebihan sebuah hastags adalah memudahkan orang untuk mencari pesan-pesan di twitter (http://search.twitter.com) karena diperkuat oleh tag keyword yang diberi simbol hastags tersebut. Kita bisa juga mencari tag-tag yang sedang populer di pencarian di twitter dengan mengklik tag yang sedang ngetrend disana. Nah, begitulah sebenarnya penggunaan hastag tersebut, jadi kalau kita melihat ada tanda # di pesan twitter berarti merupakan sebuah hastags yang dibuat oleh seseorang untuk menandai pada keyword tersebut. Seperti gambar dibawah adalah pencarian keyword dengan hashtag #domain dan memunculkan pesan-pesan twitter yang mengandung keyword #domain.




















Kita juga bisa mencari pesan-pesan tweet di http://hashtags.org/ berdasarkan kata yang diberi hashtag seperti gambar dibawah, dan juga kita bisa mengklik hasil pencarian dihastag tersebut menuju pesan-pesan twitter yang sesuai dengan yang kita cari. Untuk para pengguna twitter selamat mencoba hashtags, atau liat-liat pesan yang diberi hashtags.














































Ok. Sekian dulu posting kali ini, wassalam.

Bila ingin berlangganan artikel blog ini, silahkan subcribe dengan email atau dengan RSS feed Disini

20 komentar :

  1. hehehe, baru tahu saya Mas. kapan2 dicoba ah. :D

    BalasHapus
  2. hm... boleh nih di coba... makasih... :)

    BalasHapus
  3. @Denologis:Boleh mas..hehe..:D

    @Ceznez:sama2 mas..:)

    BalasHapus
  4. waw hore...dicoba dulu ya mas...

    BalasHapus
  5. ok thanks mba cutie..:)

    BalasHapus
  6. Ini fitur baru dari twiter apa sy yang baru tau.? hehe..
    sips mas, sy coba dulu..

    BalasHapus
  7. wah keren banget hashtag, sekarang saya yang diserbu conficker mas, waduh gantian nih, alamat beberapa hari gak nongol nih...

    BalasHapus
  8. @Benny:sbrnya udh lama ada hastagh mas Ben, cm baru-baru ini agak populer penggunaan hashtag ini ..

    @Suryaden:memang confiker ganas sekali menyerang LAN mas, mdh2an bisa menumpasnya yah..:)

    BalasHapus
  9. halo mas yusa...selamat pagi...

    BalasHapus
  10. halo jg mba..met pagi jg..

    BalasHapus
  11. aku absen aja mas yus.....hihihihi....

    BalasHapus
  12. ok met mampir Mas Tiyo..

    BalasHapus
  13. oh gitu yah... kalo yang ada "@" itu gunanya untuk apa ya...

    BalasHapus
  14. kalo kita menggunakan @usertwitter maka di twitter kode ini akan melink ke user pengguna twitter, dan diklik menuju ke @user tersebut..

    BalasHapus
  15. makasih infonya... tar dicoba..

    BalasHapus
  16. ok..sama2 mas..:)

    BalasHapus
  17. hmmm, masih belum terlalu ngerti, tapi makasih banyak infonya, coba di pelajari :D

    BalasHapus
  18. ok sama2..:)

    BalasHapus
  19. blm pernh saya gunain hashtag, biasa make reply ato retweet..

    BalasHapus