Pencarian

Custom Search

12 Juli 2009

Google berencana meluncurkan Operating Sistem (OS) Google Chrome

9 komentar :
Browser google chrome..? Yupz, saya yakin pasti temen-temen disini sudah mendownload dan menggunakannya. Namun, ada yang baru dari platform google chrome ini yaitu rencana google untuk meliris operating sistem atau OS google chrome. Sebuah kabar baru bagi para pemakai internet, dan juga jadi perbincangan hangat di berbagai blog karena ternyata Google berencana untuk masuk ke pasar operating sistem, seperti halnya Microsoft. Berdasarkan info dari situs resmi google, google chrome OS ini akan digratiskan karena merupakan open source. Sejak lama google memang merencanakan projectnya yang bernama Android dan akhirnya setelah project Android ini google akan segera meliris google chrome OS.

Kecepatan, kesederhanaan dan keamanan, sebagai ciri khas yang terdapat pada operating system google chrome ini menurut sumber blog google. Secara esensial, google chrome OS bertujuan untuk penyelesaian problem solving untuk aplikasi berbasis web. Google memang selalu memakai tema minimalis interface, untuk pemakai internet, dan aspek kecepatan.

Seperti kita ketahui untuk menginstall Microsoft Windows membutuhkan biaya yang besar untuk kita semua kalau harus membeli lisensi microsoft. Disini OS google chrome menawarkan operating sistem yang berbasis open source seperti halnya linux dan dikabarkan operating sistem ini akan digratiskan oleh google. Nah disini pertanyaannya bagaimanakah google membiayai project ini? Seperti pola pembiayaan google seperti biasa yaitu monetisasi dengan iklan. Google sepertinya akan menggratiskan operating sistem ini dan membiayainya dengan pola monetisasi iklan, walau belum tahu bentuknya apakah semacam adsense atau bagaimana?

Seperti yang kita ketahui, microsoft sedang mencoba pasar baru didunia search engine dengan meluncurkan situs www.bing.com yang sudah diluncurkan sejak beberapa waktu yang lalu, berdasarkan info yang saya baca dari situs compete.com, persen pemakai bing ini sudah naik mencapai angka 25%. Begitu juga google yang sedang mencoba pasar baru di dunia operating sistem dengan merancang OS google chrome. Sejauh ini google sudah melekat imagenya sebagai search engine begitupula microsoft yang begitu lekat imagenya dengan OS.

Situs google sendiri menyebutkan bahwa 30 juta orang tercatat menggunakan browser chrome sampai saat ini. Memang chrome sendiri menurut pendapat saya sangat cocok sekali dipakai apabila situsnya mengandung banyak javascript. Seperti halnya situs www.godaddy.com , pernah saya pakai opera browser sampai-sampai tidak muncul menu untuk custom domainnya. Rupanya setelah saya cek godaddy ini sangat banyak mengandung javascript sehingga akan muncul bila menggunakan google chrome.

Dikabarkan bahwa OS chrome akan berjalan pada sistem windowing linux kernel. Bagaimana kelanjutannya?? Ya kita tunggu saja perkembangan google chrome OS ini yang akan diliris oleh google.

News release: http://googleblog.blogspot.com/2009/07/introducing-google-chrome-os.html

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

9 komentar :

  1. ...GOOGLE EMANG KREATIF PISAN EUY....., OS nya past NGEBUT banget kan sebelmnya udah ada GOS turunan dari Ubuntu..but,,makasih deh

    BalasHapus
  2. Mas maaf nih ya sebelomnya..kritik dikit ya.. barusan tadi pagi saya baca artikel di situs luar negeri yg menyebutkan bahwa tampilan Chrome OS yg fotonya mas sertakan diatas postingan ini fake alias palsu. Apa ga lbh baek kl artikel keren & informatif ini dibiarin aja tanpa sisipan gambar/foto yg ternyata ga asli?
    Saya liat foto2 persis diatas dari situs ini mas
    http://www.webpronews.com/topnews/2009/07/09/fake-chrome-os-screenshots-punk-tech-media

    BalasHapus
  3. @Alhijr:ya mudah2an cepet jadi mas, sy jg pengen nyoba nih..:D

    @Brandal Surga:yupz bener banget mas..sy udh cek blog webpronewsnya..sy jg terdampar ke blog http://chromeosleak.wordpress.com/2009/07/09/the-first-pics-of-the-chrome-os-beta-for-devs/
    setelah sy googling cari contoh gambar google chrome..

    ok deh sy remove yah..

    BalasHapus
  4. wah godaddy harus pake gugel crome. wah makin lama bikin binun juja yak. mas,mao nanya lg nich. kalo paypal di verifikasi pake vcc,bisa withdraw ke bank lokal ga?

    BalasHapus
  5. informatif mas, jadi pengen pake nieh browser dr embah google.

    btw, cuma browser ini doang yg belum pernah saya coba.. hehe.. katro yah..?? hehe.

    BalasHapus
  6. ini terjemah dari yang satunya ya mas, keren ...

    BalasHapus
  7. belum bisa di download yah... sudah ngiler nih pengin nyoba....

    BalasHapus
  8. wah ga sabar nihhh........!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  9. @Newsgila:kalo dulu sy juga verifikasi pake VCC sma atm niaga, memang bisa withdraw walau pk VCC mas..cuma ada kelemahan dari VCC itu yg cuma 3 bulan..

    @Benny:iya mas..setuju nih, sepertinya memang perlu dicoba mas..biar ada perbandingan..

    @Suryaden:iya mas, thanks bgt..:D

    @Sitopan:iya mas, memang baru berita aja..nanti kt tunggu yah..

    @Casual Cutie:yupz..perlu ditunggu sprtnya mba..:)

    BalasHapus