TopOfBlogs Business blog search directory

Search engine bing terinspirasi oleh pola segitiga emas

26 July 2009

Bing search engine adalah sebuah search engine yang dipublikasikan Microsoft pada Mei 2009. Sebenarnya, Bing search engine (www.bing.com) adalah pengembangan dari search engine live yang sudah lama diluncurkan tahun 1998. Kita mengetahui bahwa beberapa search engine mendominasi dunia search engine, seperti google, yahoo, altavista, windows live, dan lain-lain. Bing Search Engine adalah search engine terbaru yang menunjukkan perkembangan user yang sangat signifikan, bahkan menunjukkan perkembangan jumlah user yang lebih banyak daripada windows live. Banyak perbedaan antara Bing dan Windows live, saya melihat beberapa feature yang cukup menarik dari bing seperti :

a. Adanya Quick tab, yang membantu pengguna untuk bernavigasi melalui SERP dan secara intuitive mempersempit ruang pencarian keywordnya.

b. Related search list, untuk memberikan link dengan scope jangkauan keyword yang lebih luas, dan search query yang memberikan satu akses klik kepada hasil pencarian sebelumnya.

c. Categorized results, untuk membawa user dalam satu track agar bisa mengeksplor lebih jauh.

Bing juga memberikan info lain pada hasil pencarian seperti user rating dan jumlah review link. Saya juga belum tahu apa yang dimaksud dengan jumlah review disini apakah review yang dibuat seperti biasa atau bagaimana. Bing juga memberikan kata "Best Match" untuk hasil pencarian yang benar-benar pas dengan apa yang dicari.

Banyak feature yang cukup berbeda di Bing ini, seperti adapula document preview untuk user sehingga user dapat melihat isi dalam website tersebut tanpa kita mengunjungi langsung website tersebut. Teknologi preview ini nampaknya adalah terobosan terbaru yang dibuat oleh bing.






























Apakah yang dapat dilakukan para webmaster untuk mengoptimalkan search engine optimization (SEO) di Bing?

Berdasarkan yang saya baca di Bing Webmaster Team, Webmaster dapat mengoptimalkan SEO nya di Bing seperti ilmu SEO pada umumnya yaitu seperti penggunaan title yang baik, dan meta tag yang baik. Bila webmaster tidak membuat sitenya baik untuk search engine, tidak keyword oriented, html caption yang tidak tertulis dengan baik, maka bing search engine tidak dapat memberikan posisi yang baik untuk sitenya karena webmaster tidak memberi data yang cukup.

Berita lain dari Bing adalah ternyata dalam penggarapan Bing search engine ini Bing terinspirasi oleh konsep segitiga emas (golden triangle concept). Golden triangle concept adalah sebuah konsep yang muncul dari penelitian tentang Live search di tahun 2008. Peneliti ini meneliti adanya pola segitiga emas dalam pola user mengklik hasil pencarian di search engine. Pola Golden triangle juga ditunjukkan oleh pola user yang menggunakan search engine google. Konsep ini akhirnya menjadi konsep dasar perancangan bing, gambar konsep segitiga emas (golden triangle) dapat dilihat dibawah.































Ok, mungkin sekian dulu postingan kali ini. Wassalam.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

11 comments:

hade said...

Hhhmmm..., belum coba saya....

Benny said...

mantaf mas penjelasannya, oya mau tanya segitiga emas tuch sebelah mananya segi tiga bermuda/ permosa?? hehe..

Yusa Indera said...

@Hade:ya kapan2 blh dicoba mas, bing agak sedikit bagus nih..boleh dicoba..

@Benny:thanks, ya tetanggaan sih kynya ..hehe..:)

ALHIJR ADWITIYA MR. ADIT said...

..Wah..,Dahsyat...memang bing,,Apakah akan menggsuur Google kita lihat saja....nanti

Yusa Indera said...

iya nih mas..hehe..thanks for comment..:)

ardi said...

hidup google!!!

Yusa Indera said...

ok..

meillyssa chandra hutabarat said...

hmmm blogna mei c dah submit k bing cuma kok di bing ga disediain fasilitas analisis website kita ky yahoo ma google yah,atw mei na yg ga tau ?

mohon penjelasanna ya mas...

ummm owh iya satu lg mas,mei tuh betah baca2 disini trus kalo misalna mei jd ngasih komentar di tiap postinganna mas yg mei anggep pantes dikomenin,boleh ga ?

maklumlah mas,mei msh newbie jd perlu banyak nanya neh hehee,thx yo ^_^

Yusa Indera said...

Kalo submit ke bing memang ada sedikit perbedaan feature mba tidak persis sama dengan google webmaster, kelebihan bila kita submit ke bing tentunya akan bikin seneng bing untuk nge-index blog kita lebih banyak daripada tidak submit ke bing..

ya boleh banget mba, cuma kl belum sempet sy bales jgn marah yah..hehehe..:D

ya sama2 mba..thankyu banyak..

meillyssa chandra hutabarat said...

owwhh intina mah biarblog kita gampang dicari di mana2 yo heheheee... wah asek2 dapet ijin hehehee thx yo mas... haiaahh nyantai aja tho mas balesna,ga bakal ketinggalan kreta kok hahahahaa

Yusa Indera said...

ya seperti itulah utk index search engine..hehe..:D

Post a Comment

 
Original template Abstract Mind Redesign by www.yusaindera.com   Powered by  Blogger   Copyright (c) 2007-2010 www.yusaindera.com