Pencarian

Custom Search

09 Juli 2009

Torrent Download

17 komentar :
Sebuah fenomena baru dalam dunia download mendownload, walau bisa dibilang download-download-an ini sudah lama ada diinternet namun metode download yang paling unik menurut saya adalah metode download dengan torrent ini. Kenapa tidak? Metode download dengan torrent ini membutuhkan sebuah komputer seeder sebagai pembagi filenya. Disini download torrent tidak seperti download dari server yang selalu online, tapi sistem download torrent adalah peer to peer atau komputer dengan komputer. Artinya kita bisa mendownload file tersebut bila komputer pemberi file tersebut online. Ada beberapa istilah yang penting dalam torrent download ini seperti seeder (pemberi file download), leech (pen-download), peers (jumlah total orang yang mendownload dan pemberi download).

Aplikasi yang populer digunakan untuk download ala torrent ini adalah seperti utorrent dapat didownload di situs utorrent yaitu di www.utorrent.com/downloads/
Ada beberapa istilah dalam cara download torrent ini, kita ulangi saja yah :

1. Seeds : pemberi file download.

2. Leechs/download : pendownload

3. Peers : Jumlah total orang yang mendownload dan pemberi download.

4. Tracker : tracker jumlah seeds, peers, dan download.

5. Down speed : kecepatan download.

6. Up speed: kecepatan upload.

7. ETA : Estimated Time.

Kelemahan download Torrent :

a. Bergantung pada adanya seeds (pemberi file), bila seed tidak ada artinya kita tidak bisa mendownload file ini.

b. Kecepatan download bergantung pada jumlah seeds, makin banyak seeds maka kecepatan download akan semakin cepat.

c. Bisa memakan bandwidth internet yang kita pakai karena ketika kita mendownload secara otomatis kita juga menjadi uploader atau seeders.

d. Ada beberapa kontroversi tentang penggunaan torrent ini karena menyangkut file-file yang bercopyright, contoh : HBO yang katanya situs torrent telah menyebarkan film yang bercopyright di situsnya, dan seputar copyright-copyright yang berhubungan dengan sebuah file.

Kelebihan download Torrent:

a. Merupakan tempat berbagi download yang bebas antar peer/teman, dan banyak orang berbagi file-file disini. Kadang kita temukan batasan-batasan download di rapidshare, 4shared atau tempat download lain, bahkan kadang mengarahkan kita untuk membayar layanan mereka. Di torrent download karena berbagi antar teman jadinya tidak ada batasan seperti ini. Kita bebas berbagi file dengan teman.

b. File yang dibagi biasanya bagus-bagus tidak seperti download biasa yang kadang isi filenya biasa-biasa saja. Kadang saya menemukan ebook bagus-bagus disini, dan biasanya berbahasa inggris.

c. Komunitas besar untuk saling berbagi file yang bisa di download (mp3, ebooks, software, video, games, dll).

Dibalik semua kelebihan dan kekurangan torrent, disini saya hanya memaparkan saja walaupun banyak kontroversi tentang penggunakan torrent untuk download ini. Mungkin disini yang perlu kita hindari adalah file-file yang bercopyright tersebut. Contoh situs yang cukup terkenal adalah thepiratebay.org . Ok, mungkin demikian saja sharing kali ini. Wassalam.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

17 komentar :

  1. jadi inget dulu pas lagi hobby download berbagai macam software yg udh di crack. hehe..

    BalasHapus
  2. Wah...lagi targetin keyword ya mas..
    siippp sukses selalu

    Stop Dreaming Start Action

    BalasHapus
  3. wah gitu toh intinya torrent
    Qu dolo sempet makai di warnet
    langsung jeblok tuh koneksinya kesedot

    Oia mas saya mao nanya tentang ganti domain
    apa bener kalo kita ganti domain(blogspot) ke domain dot com, trus PR,Alexa,Backlink langsung jatuh??
    Apalagi saya juga dah tukeran link ama temen2 saya, berarti kalo saya ganti domain jadi newsgila.com nanti temen2 saya ga bisa kunjung ke newsgila.blogspot.com
    otomatis link saya diblog mereka jadi ga berguna donk..??

    BalasHapus
  4. @Benny:iya bener ni mas..hehe..:D

    @SDSA:wah nitip keyword nih..

    @Newsgila:iya bener mas, memang beratnya kita ketika download sekaligus juga upload, atau istilahnya kita jadi leech sekaligus juga kita menjadi seeds..

    Kalo kita ganti domain otomatis PR, alexa, backlink balik lagi ke nol mas, jadi harus extra kerja keras lagi membangun link...

    Biasanya kl google masih bisa baca backlink lama walau sudah di custom domain, tp kalo yahoo biasanya tidak bisa baca lagi backlink lama..jadi terpaksa kita harus meminta temen2 (tukeran link dulu) mengganti linkny menjadi yg baru..

    Namun, biasanya sprt blog sy ini juga dulu harus ke nol lagi ktk custom domain, tp lama2 kembali lagi statistiknya seperti dulu .. sekitar 3 bulanan balik lagi .. PR jg balik lagi walau tidak sebagus dulu..tergantung kita menambah backlink utk blog kt..

    BalasHapus
  5. Ohh..gitu yah mas
    jadi ibarat pisau bermata dua.
    Oia...
    saya minta saran dunk tempat hosting yang enak. Saya sekarang sih masih mikir2 bwt pake jasa hosting rumahweb coz YM-an ama CS-nya cepet tanggap banget. Ada masukan lain ga mas??

    BalasHapus
  6. wah mantap nih infonya.....

    tes dulu??

    BalasHapus
  7. iya... saya suka banget pake torrent mas... bisa putus nyambung sih... tapi filenya lanjut terus...

    BalasHapus
  8. @Newsgila:ya memang ada kelebihan & kekurangannya custom domain, kalo saya cuma 2 pilihan mas kl lokal di www.jagoanhosting.com kalo internasional di www.godaddy.com

    ya denger2 rumahweb bagus juga..walau blm sempet nyoba disana..blh juga.. coba aja..:D

    @Alhijr:Thanks jg..:)

    @casualcutie:thanks alot..:)

    @Suryaden:yupz setuju jg mas Sur..:D

    BalasHapus
  9. thank mas bisa di coba langsung nih :)

    BalasHapus
  10. Thanks Ton..:D

    BalasHapus
  11. sip infonya mas.
    saya pengguna torent agak lama, cuman baru tahu istilah2 teknisnya dari info anda.
    Di Eropa sini torent kontroversi, ya betul kata anda berkait file copyright.
    Sejauh pengalaman download torent dibanding rapidshare misalnya sangat efektif, cepat, dan kualitas file bagus..(bahkan kita bisa mechecknya sebelum lakukan dowmload).
    Saya berharap sekambalinya ke Indonesia nanti, ini tetap menjadi pilihan terbaik.
    Wasalam.

    BalasHapus
  12. makasih banyak atas infonya mas..memang sprt yg kita ketahui torrent banyak pro kontranya mas, bahkan situs pirate bay itu ternyata berada di Swedia?? bener banget mas..kl disini kan masih aman2 aja pk torrent..hehe.. thanks for comment mas mantep banget tambahannya..

    BalasHapus
  13. thanks ..:)

    BalasHapus
  14. ya metode penyimpanan aja bro secara peer to peer

    BalasHapus