TopOfBlogs Business blog search directory

Menjajaki potensi joomla

10 August 2009

Seminggu ini saya sedang coba membuat website atau blog dengan memakai joomla, dengan nama www.bestlaptopcomputer.info. Untuk blog atau site saya berikutnya, kemungkinan akan semakin mengarah ke platform joomla. Di joomla kita memerlukan hosting khusus untuk menyimpan file-file kita dan sebenarnya banyak tempat gratisan yang dapat kita gunakan untuk hosting file-file joomla. Beberapa diantaranya seperti www.000webhost.com atau www.orgfree.com dan hosting ini yang benar-benar bersih dari iklan. Beberapa juga seperti www.godaddy.com ataupun www.100webhost.com memberikan space dan bandwidth yang besar namun adanya iklannya. Dengan bermodal membeli domain di godaddy yang sedang discount gila-gilaan sekitar $1 untuk domain *.info maka langsung saja saya beli domainnya dan diparkirkan ke www.orgfree.com.

Beberapa keuntungan bila kita memakai joomla adalah :

a. Joomla adalah sebuah program opensource jadi tiap orang bebas untuk memodifikasi joomla tanpa harus khawatir dengan lisensi dan juga tidak harus bayar untuk membeli joomla.

b. Joomla bila sudah diinstall dengan sukses ke hosting maka dashboardnya sangat friendly untuk dimodifikasi, hampir mirip dengan dashboard blogger. User friendly.

c. Joomla sekarang sudah pada tingkat komunitas, dan jaringan komunitasnya semakin berkembang begitu juga website-website joomla sudah semakin banyak walau belum sebesar komunitas blogger google.

d. Joomla memakai hosting sendiri jadi tidak rawan dihapus postingan seperti banyak terjadi di blogger dan juga lebih aman digunakan untuk bisnis review karena google tidak bisa ikut-ikutan masuk ke joomla. Disini menurut saya merupakan prospek masa depan jika berbisnis dengan menggunakan hosting dan domain sendiri.

Beberapa kelemahan memakai joomla adalah :

a. Proses yang cukup sulit kalau harus install sendiri di server, berdasarkan pengalaman saya, proses install joomla cukup lama dalam upload filenya. Berbeda dengan blogger yang tanpa harus installasi langsung jadi blogger berikut dengan dashboardnya. Menurut saya lebih baik cari install joomla secara otomatis dengan fantastico, elevante atau 1-click install.

b. Kita setidaknya harus mengetahui tentang dasar database MySQL, dasar PHP, dan dasar LINUX. Karena joomla adalah opensource maka joomla hanya dapat diinstall di server yang hostingnya LINUX atau UNIX, tidak bisa diinstall di server WINDOWS.

c. Kelemahan di buka tutup permission file dalam LINUX. Dalam linux ada 3 jenis permission file yaitu R=read, W=write dan X=Execute. Nah permission file inilah yang harus kita buka dan tutup saat menginstall komponen tambahan di joomla.

d. Kadang ada kesulitan untuk install module, component, dan plugin terutama bila server PHP nya pakai safe mode. Setting PHP safe mode sebaiknya di off kan bila ingin menginstall module, component dan plugin di joomla. Kadang walau permission file sudah diset 777 semua, tapi kalau PHP safe mode, seringkali susah upload module, component dan plugin.

Sambil ngotak-ngatik lagi di joomla, situs joomla beralamat di www.joomla.org . Disana ada hampir semua resource joomla dari file untuk install, extension, forum tanya jawab, dan juga petunjuknya. Bila ada kesulitan tentang joomla juga kita bisa googling di google. Biasanya dapet jawaban bagus di forum-forum joomla. Ok, mungkin sementara begitu saja postingan kali ini. Thanks untuk perhatiannya. Wassalam.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

28 comments:

suryaden said...

disini joomla dukungannya memang sangat powerfull mas

Yusa Indera said...

Thanks mas..:)

Benny said...

Wah Selamat mas ats blog barunya, btw.. bukannya joomla lebih ribet dari WP. alnya sy kurang ngerti cr penggunaannya.. hehe..

yudik said...

makasih atas infonya mas...

belajar blog said...

wah mantap tuh mas...
saya aja WP masih bingung apalagi joomla
mantap...
kemampuan mas yusa dah di upgrade tingkat tinggi

berita unik said...

Yang paling keren menurutQu yang itu tuh bisa ikutan review tanpa takut ama google. hehehe

hade said...

Blognya yang baru keren Mas...

haris said...

Wah bagus blog barunya....memang abang yusa ini makin mantap aja.Kalau di blog baru reviewnya bebas dong ga di mata-matai sama mbah google.he..he...kalau saya masih pemula ribet banget pake joomla, tapi suatu saat saya juga mau belajar ah kan tidak ada kata terlambat untuk belajar...tul ga....

Yusa Indera said...

@Benny:memang sedikit lebih ribet ni mas dr WP tp featurenya keren bgt..

@Yudik:thanks..

@Belajarblog:thanks yah..:D

@Beritaunik:bener bgt mas

@Hade:Makasih

@Haris:Bener bgt Ris..

belajar blog said...

Hehehe..
mampir lagi mas. Kalo mao ikutan perfectmoney.com trus daftar buat ikutan linkback reward PM for Business.
Kemaren saya dah dapet bayaran mas

kit pes said...

joomla gampang dihack. . .

Yusa Indera said...

@Belajarblog:thanks for info..

@KitPes:ya mudah2an bisa lancar aja mas..

casual cutie said...

akan tetapi masalah SEO, permalink pada joomla tidak sama dengan wordpress. tapi menurut saya ok2 aja tergantung kegigihan orang tersebut dalam memelihara webnya nanti.

Yusa Indera said...

ok..thanks bgt mba..

genial said...

saiia masih jauh dari mengerti sama si jamilah ... ee.. akang jumlah.. ooOOopssSS. jomblo.. oalaahh.. opo lah arane... itu kang... masih OON surOON, yg penting nulis uneg2.. jalan-jalan deee.. hehehe... maaf klu komeng saiia ngelantur dan gag tau tatakrama baik dari cara penulisan maupun sopan santunnya kang ^:)^

buJaNG said...

Wah kayaknya saya nggak sanggup deh kalau harus pake joomla... Tapi ntar suatu saat saya harus mencobanya

hopskole said...

Saya masih setia sama wordpress...

Yusa Indera said...

@Genial:ok..ya gpp hehe..nanti jg kl belajarkan bisa sendiri yah..hehe..:D

@Bujang: sebenernya mirip kok antara joomla dan blogger mas..hehe..

@Hopskole: ok, ya ini kan alternatif aja..

genial said...

om suryaden tu jagonya klu mslh bginian :) heheh

Yusa Indera said...

ya memang Mas Suryaden kan merendah aja hehe.. :)

forget mail said...

saya sendiri sd 3 bln belajar web joomla sampai pusing hee..hee.

note books said...

@forgetmail: sama pak saya jg sdg belajar, mungkin baru kenal jadi sampai binggung saja ya...tapi enak juga byk plugin2 yang bisa kita taruh disana

home design said...

semua pada belajar joomla nih ya,

Yusa Indera said...

@forget mail: ok..:)

@notebooks: iya kalo udh ngerti mah enak tinggal pasang plugin2, module, dsb..

@Home design: ...:)

alle said...

nice info mas.. emang kalo menurut aku cms joomla paling bagus sekarang ini.. tapi kalo urusan SEO kayanya lebih enak WP ya mas ?? mohon masukannya.. thx..

Yusa Indera said...

ya bener bgt mas..memang joomla berat banget dibanding wordpress yang cukup ringan utk loading jg untuk posting..

untuk seo jg wp enak jg bisa identifikasi link ke blog kita..memang sebetulnya enak wp apalagi utk blogging ..

music improvisation said...

share donk tutorial ny..

Yusa Indera said...

ok..

Post a Comment

 
Original template Abstract Mind Redesign by www.yusaindera.com   Powered by  Blogger   Copyright (c) 2007-2010 www.yusaindera.com