Pencarian

Custom Search

25 Oktober 2009

Akses internet pakai linux ternyata lebih cepat

5 komentar :
Beberapa minggu yang lalu penulis mengikuti pelatihan Open Source Software (OSS) 2009 yang diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Kementrian Riset dan Teknologi, POSS/IGOS center, dan komunitas Linux di beberapa kota di Indonesia tahun 2009. Sebenarnya, penulis pernah mengikuti beberapa kali pelatihan linux juga, tiap pelatihan memakai distro yang berbeda-beda seperti SUSE, Blankon, Redhat, dan terakhir ini Ubuntu dan Nusantara 3 (Mahakam). Namun, ada yang berkesan pada pelatihan kali ini yaitu penulis sempat menginstalasi Linux Ubuntu Jaunty Jackalope 9.04 di laptop tanpa harus menghapus instalasi windows. Jika dulu tidak bisa instalasi karena harus menghapus windows, dengan adanya program wubi di Ubuntu linux Jaunty Jackalope, akhirnya laptop bisa terinstall 2 platform OS yaitu Windows dan Linux.

Dari beberapa pemberitaan terakhir, media memang sedang hangat-hangatnya memberitakan release windows dan Linux terbaru. Untuk windows pemberitaan media tertuju ke Release Windows 7 yang katanya lebih populer dari pemutaran perdana Harry Porter. Dan untuk komunitas Linux, secara bersamaan Linux juga meluncurkan Linux Karmic Koala yang merupakan upgrade unbuntu 9.04 menjadi 9.10 yang dilansir berbagai media proses bootingnya sangat cepat dan platformnya sangat handal.

Sampai saat ini, penulis belum sempat upgrade ke windows 7 berhubung belum sempat ugrade. Namun, ada yang menarik ketika mengetes koneksi internet indosatm2 saat ini dengan dengan windows vista dan linux ubuntu. Ternyata kecepatan akses internet di linux lebih cepat dari windows.





Dari gambar ini penulis memperoleh statistik saat pengetesan jam 9.00 WIB kecepatan download indosatm2 di windows sekitar 58-61 kbps sedangkan di linux 125-154 kbps jauh sangat cepat di linux. Sedangkan untuk kecepatan upload relatif sama yaitu sekitar 31-44 kbps baik untuk windows dan linux.

Untuk teman-teman yang ingin belajar memulai linux dapat membaca tulisan-tulisan di alamat ini :

http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Linux_Howto

http://wiki.ubuntu-id.org/PanduanUbuntu

Untuk pemakai Indosatm2, bagaimana cara setting Internet di Linux Ubuntu?

a. Caranya dapat dengan mudah di set di GUI lewat preference > network connection > mobile broadband

























b. Add new mobile broadband dan pilih indosat lalu finish.
c. Lalu edit connection

number : *99#
username : usernameanda (indosatm2user)
password : passwordanda (indosatm2user)
APN : indosatm2.


































Bila sudah selesai bisa langsung browsing. Mohon maaf tutorial yang masih sederhana, namun demikian mudah-mudahan dapat bermanfaat. Wassalam.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

5 komentar :

  1. langsung jatuh cinta ini pasti.. kekeke

    BalasHapus
  2. wahhh benar ya mas, aku belom pernah nyoba linux secara belom ngerti..nanti ahh minta teman ngeinstalin linuxnya trus belajar hehehehehe

    BalasHapus
  3. @suryaden:yup bener banget mas..jaunty mmg sip bgt..

    @fadhli:ya memahami windows & linux memang penting mas..

    BalasHapus
  4. betul...betul....OPEN SOURCE eamng THE BEST....Apalagi MANDRIVA ...

    BalasHapus
  5. thanks masukan yang sangat menarik mas ttg Mandrive..

    BalasHapus