Pencarian

Custom Search

23 November 2009

Jenis-jenis dan tipe Auction di Ebay

2 komentar :
Belanja di Ebay sebenarnya sangat mengasikkan, anda sebetulnya tidak perlu keluar negeri kalau ingin membeli barang-barang import dari Singapore, US, UK ataupun negara-negara lainnya. Anda bisa browsing barang-barang di Ebay ataupun Amazon untuk membeli product-product tersebut. Barang tersebut akan dikirim langsung ke alamat kita tergantung kepada sellernya dapat dengan FedEx, UPS, EMS dan alat pengiriman lainnya, walaupun nantinya jadi ada tambahan ongkos pengiriman yang diminta oleh seller. Sebelum kita membeli barang di eBay tentunya kita harus mengetahui beberapa jenis tipe auction di Ebay yaitu :

Normal Auctions.

yaitu tipe tawar-menawar secara normal/sistem lelang. Pembeli menawar (Bid) dan pembeli lainpun ikut menawar sampai salah satu pembeli memenangkan tawaran lelang terhadap item tersebut.

Reserve Auctions.

Reserve auctions dibuat oleh penjual yang tidak mau produknya ditawar dibawah harga minimal. Tipe ini mirip normal auction, tapi bila ada pembeli menawar dibawah harga minimal maka pembeli tersebut harus menawar ulang dengan harga minimal yang ditetapkan penjual. Bila tidak ada satupun pembeli menawar diatas harga minimal maka maka lelang/auction akan di batalkan.

Fixed Price (“Buy it Now”) Auctions.

Fixed price artinya adalah harga pas, jadi kita bisa beli barang ini tanpa melalui sistem pelelangan tapi langsung bayar dengan harga pas. Sebenarnya kita dapat menambah tombol buy it now pada normal auction, artinya pembeli dapat memilih untuk menawar secara normal atau pilih buy it now untuk mempersingkat waktu tanpa lelang. Beberapa penjual, dapat memotong proses pelelangan dan secara mudah dapat membuatnya menjadi fixed price. Ini dilakukan bila tidak ingin ada format pelelangan dalam jual beli barang kita.

The 'best offer'.

Artinya pembeli dapat bernegosiasi dalam harga, cara ini merupakan satu cara bagus untuk menjual kelebihan stok barang dengan potongan discount harga untuk pembeli.

Multiple Item ('Dutch') Auctions.

Ini adalah jenis auctions dimana anda dapat menjual lebih dari satu item secara bersamaan. Ducth auction dapat dilakukan juga dengan cara lelang. Pembeli menawar pada harga tertentu dan dengan jumlah kuantitas tertentu juga. Namun, model auction seperti ini adalah jarang-jarang saja terjadi di Ebay.

Ok, mungkin demikian beberapa jenis auction atau lelang di Ebay, mudah-mudahan dapat bermanfaat. Wassalam.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

2 komentar :