Pencarian

Custom Search

10 Januari 2010

Tahun 2010 untuk Microsoft dan Google

14 komentar :
Bisnis online pada tahun 2010 ini kemungkinan akan terus berkembang, berhubung bisnis online adalah bisnis yang relatif baru prospek perkembangan bisnis ini sebenarnya masih sangat besar untuk berkembang. Dua raksasa IT dunia ini saja (google dan microsoft) masih terus melakukan inovasi dan pengembangan dari produknya di tahun 2010 ini. Bila pada waktu yang lalu kita mengenal google adsense untuk google, beberapa hari yang lalu google pun baru saja meluncurkan produk barunya yang bernama google adplanner. Saya sempat pula mencoba google adplanner ini yang berlokasi di www.google.com/adplanner. Formatnya hampir mirip beberapa hal seperti google adsense namun untuk penilaian statistiknya melibatkan google analytic.

Menilai secara obyektif adanya kompetisi antara Microsoft dan Google, beberapa hal patut dicermati kita untuk tahun 2010 ini :

a. Google terus menekan bisnis review, tools untuk mendeteksi posting-posting review semakin canggih bahkan blog tanpa link ke broker review pun semakin mudah dideteksi. Blog-blog yang jelas terlihat seperti review sudah barang tentu langsung bisa terjun bebas ke PR 0. Konsekuensinya google membuat term dimana setiap review harus ditambah rel=”nofollow”, dan bertukar link dengan teman yang berlebihan dianggap melanggar term.

Lihat : http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=66356

Disatu sisi lain, Microsoft melihat bisnis review merupakan bisnis yang sangat potensial untuk mereka. Mereka bukannya menekan bisnis ini, namun mendorong penggemar review menyalurkan hobinya di situs www.ciao.com untuk saling membuat review. Bahkan jumlah review yang diterima sebuah link di www.bing.com dimunculkan sebagai kriteria penilaian baik buruknya untuk pembaca. Untuk login ke Ciao juga kini kita bisa login dengan email hotmail kita dan passwordnya, karena sudah terintegrasi dengan windows live. Reviewer juga bisa memperoleh earning dari review-review mereka di ciao.

b. Akhir tahun 2009 merupakan bulan yang baik bagi microsoft karena akhirnya mereka meluncurkan Windows 7 ultimate yang setelah dicoba banyak orang sistem operasinya sangat unggul, dan lebih ringan daripada windows vista. Sistem security windows 7 ini menurut saya jadi mirip seperti linux yang ada sistem permissionnya untuk admin, user dan group, memang tidak ada salahnya juga kalau microsoft terinspirasi linux yang open source.

Tahun 2009, google berencana untuk membuat OS google chrome yang pada beberapa waktu yang lalu telah meluncurkan versi betanya. Setelah dicoba oleh beberapa blogger internasional ternyata tampilannya hanya memiliki fungsi untuk browsing saja, seperti browser google chrome. Nampaknya kalau untuk menyaingi windows atau linux masih jauh, dan banyak pengamat mengatakan kalau OS chrome cocoknya untuk pasar netbook.

Akankah di tahun 2010 ini microsoft dan google meneruskan berkompetisi di arena yang sama bahkan mencoba saling bertukar tempat di arena operating system dan search engine. Secara obyektif google sebenarnya tidak seharusnya menekan bisnis review terbukti dari microsoft yang begitu cerdas melihat pangsa pasar yang sejak 2008 sudah booming ini. Terbukti dari situs www.ciao.com yang popularitasnya kini semakin menanjak. Dan apakah google adplanner yang baru ini juga jawaban dari google adsense yang kini mulai menurun popularitasnya, marilah kita tunggu kiprahnya di tahun 2010. Sekian untuk posting kali ini. Wassalam.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

14 komentar :

  1. Patut dicoba. apalagi memang pihak google amat amanah.

    BalasHapus
  2. memang bakal seru tahun ini bro..
    bahkan ada mesin pencari lain yang digugat gugel karena mirip tampilan dan semuanya: groovle dot com..

    BalasHapus
  3. persaingan memang ketat, google harus punya cara sendiri biar tetap exist di dunia internet

    BalasHapus
  4. @Remajaberperan:yup..

    @Gemanasyid:iya sama keliatannya dengan adsense..

    @Kandangtips:yup..

    @goldwinner:bener bgt bro..wow..baru denger juga nih groovle..

    @Pasangiklanbaris:bener bgt ..

    BalasHapus
  5. waduh kalau review suram gn susah nih...

    BalasHapus
  6. Bener yo..memang harus ada sampingan lain selain review..setujulah..

    BalasHapus
  7. yahoo kok adem ayem kayaknya..
    gak ikut bersaing ya..

    BalasHapus
  8. iya mas yah..hehe..mungkin punya pangsa pasar khusus mas..thanks for comment..

    BalasHapus
  9. yup..sama2 ..)

    BalasHapus