Pencarian

Custom Search

31 Agustus 2011

Tips membina bisnis internet anda untuk jangka panjang

21 komentar :
Minal Aidin wal Fa Idzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin dan Selamat Iedul Fitri 1432 H pada rekan-rekan semua dan rekan yang tetap setia mengunjungi blog ini. Sebetulnya blog ini sangat jarang update, namun tulisan-tulisan diblog ini, saya perhatikan masih tetap menarik untuk dikunjungi dan dibaca rekan-rekan semua. Teringat beberapa rekan online saya, ketika pertama merintis bisnis internet seperti Eko Nurhuda, Ixanova, Toni Jauhari, dan lain-lain. Mereka sama-sama mulai bisnis internet bersamaan dengan saya. Bahkan beberapa teman  tersebut banyak direferensikan oleh buku bisnis online yang biasa di jual di Gramedia, yang secara tidak sengaja saya baca  beberapa waktu lalu.


Namun, setelah kunjungi lagi alamat web nya, situs rekan-rekan online tersebut sudah banyak yang hilang dan tidak aktif lagi. Mempertahankan memang lebih sulit daripada memulai, ketika memulai mungkin semangat kita menggebu-gebu untuk memiliki bisnis sendiri yang berbasis online. Namun, setelah beberapa bulan berjalan barulah timbul rasa bosan dan jenuh, bahkan disadari banyak sekali biaya pemeliharaan yang harus dibayar seperti biaya internet, biaya domain, biaya hosting dan biaya lain-lain. Di satu sisi,  dalam beberapa bulan biasanya bisnis online belum menghasilkan pendapatan yang memadai untuk membiayai cost tersebut.

Anda ingin berbisnis internet dan menghasilkan pendapatan baik dolar maupun rupiah secara jangka panjang, ok saya coba bagi-bagi sedikit tips untuk anda :

a. Kumpulkan semangat pada awal anda membangun bisnis internet, keluarkan semangat untuk membangun bisnis internet yang anda idamkan, lalu turunkan semangat tersebut pada tingkatan anda akan stabil di semangat kerja seperti itu.

b. Jangan terlalu semangat diawal namun melempem selanjutnya. Minimal tetap jaga semangat kerja anda agar bisa bertahan membina bisnis internet selama 1 tahun.

c. Bisnis internet bukanlah bisnis instant jadi perhitungkan pengeluaran pada bulan-bulan berikutnya sesuai dengan kemampuan pendapatan anda. Darimana anda akan menanggulangi pengeluaran ini selain dari penghasilan internet.

d. Anda harus fokus pada bisnis anda, namun tidak tertutup kemungkinan untuk anda belajar bisnis online lainnya. Contohnya : selain buka toko online, anda bisa juga pasang iklan adsense.

e. Tentukan goal atau tujuan dari bisnis anda, seberapa jauh anda sudah mencapai goal tersebut.

f. Belajar dan berbagi, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada setelah mempelajari sebuah ilmu anda membagikannya pada orang lain. Selain menambah ilmu, ilmu yang dibagikan bermanfaat bagi orang lain dan anda akan semakin haus untuk belajar.

g. Belajar untuk berkreasi dan membuat inovasi baru dari produk-produk anda.

h. Perluas jaringan kerja dan buatlah networking.

i. Perluas kapasitas bisnis anda, bila awal anda hanya punya 1 website selanjutnya bisa anda tambah menjadi 2 website. Catatan : perhitungkan antara biaya-biaya dan pendapatan.

j. Berikan kepuasan terbaik bagi pembeli atau pelanggan anda.

k. Bekerja bukan untuk uang, tapi untuk menghasilkan karya terbaik. Dari pengalaman, biasanya uang akan mengikuti bila kita menghasilkan karya yang bermanfaat bagi orang lain.

l. Biasakan untuk menerima rasa bosan dan jenuh setelah sekian lama menjalankan bisnis anda, karena itu hal biasa. Anda hanya perlu variasi dan membaca-baca tulisan yang bisa mengembalikan semangat anda.

Ok, mungkin sedikit pengalaman yang ingin saya bagi setelah menjalani bisnis online saya selama 4 tahun, terhitung dari tahun 2007. Ok, bagi rekan-rekan yang ingin menambahkan tips-tips lainnya untuk menjalankan bisnis online dalam jangka panjang dapat menuliskannya pula di bawah ini. Mudah-mudah2an saya sendiripun dapat terus eksis dan semangat dalam berbisnis online dan menghasilkan karya-karya yang kreatif dan bermanfaat. Akhirul kata, mudah2an tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Wassalam.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

21 komentar :

  1. Minal Aidin wal Fa Idzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin dan Selamat Iedul Fitri 1432 H juga,
    Memang bisnis online butuh konsisten dan fokus. Thanks, nice artikel nya jadi semangat lagi nih.. :)

    BalasHapus
  2. Taqaballahu minna wa minkum,..mohon maaf lahir dan bathin juga, selamat iedul fitri 1432 H...yup..mari kita sama2 saling menyemangati mas...thanks jg..

    BalasHapus
  3. benar jga gan..
    kdang smangat untuk nyari duit cma bntr aja alias angin2an...

    kunjung balik yahh :D

    BalasHapus
  4. dulu mendapatkan duit dr inet gmpg jaman taon 2008 skrg tambah sulit. ada beberapa hal diantaranya google semakin kejam,pertumbuhan blogger matre kian tak terkendali, advertiser smakin cerdas dan ngirit. makelarnya smakin menurunkan profit publishernya baik paid review maupun ppc. mendingan buka warung bakso sma mie ayam bro sehari omsetnya 300 dollar sebulan 9000 dollar gmn mantap kan ???

    BalasHapus
  5. yup..tapi smp sekarang jg masih bisa kok Bro Ixanova..hehe...buktinya sy omset msh bs diatas $300 bro ya memang bukan omset sehari sih bro..

    utk buka warung baso omset $9000 per bulan kayanya udah skala gede bro iksan..memang ada baiknya jg disamping bisnis online, punya juga bisnis offline..

    BalasHapus
  6. itu bukan skala gede bro cm warung kecil dipinggir jalan hehehe sayangnya yg punya bukan aq tp tetanggaku hahahahaha.......

    BalasHapus
  7. hebat jg ya bro iksan..tp itu keliatannya masih keuntungan kotor bro, blm di kurangi penghasilan netto...kira2 kl keuntungan bersih berapa yah..apa ada cerita2 di blognya juga bro iksan?

    BalasHapus
  8. mgkin juga itu untung kotor tp klo dpt separonya kan bisa dibayangin enaknya....intinya walaupun warung kecil tp rame pasti omset bisa jutaan perhari.... dan bisnis ini gk sehari jadi, butuh waktu untuk meraup sukses....anaknya pdhl kuliah S2 lho tp gk minat jd karyawan kantoran malah bantu usaha ortunya wkwkwkwkwkwk... paling enak anaknya gk merintis terlebih dulu...lsg terima jadi duh senangnya....ngarep.com

    BalasHapus
  9. .. ya berarti itu kan warung kecil yang udh rame banget bro.. perjuangannya jg berat, belum persaingannya yg dagang baso kan banyak bg bro..anyway thanks bro..ntar ane kunjungi blognya yup..hehehe..

    BalasHapus
  10. blogku itu dah gk bisa diapa2in maksudnya klo aq login ke blogger galat....tp masih exist..hehehehe dasar google

    BalasHapus
  11. Excellent post. I like the way you expose your writing talent! Keep up good work.

    BalasHapus
  12. @Iksan: bs begitu ya bro iksan, mdh2an kl sy masih bs terus exist bro IK..

    @Muh:thanks..

    BalasHapus
  13. Mantaff Gan...! thankyu buat Informasinya sangat bermanfaat.

    ------------------------------------------------------------
    btw numpang lapak ya gan.

    Buat kamu yang pengen terjun didunia bisnis online dan ingin mendapat penghasilan total, jangan tanggung2, ciptakan brand kamu sendiri untuk mendapatkan peluang lebih banyak lagi, dengan memiliki nama Domain & hosting sendiri untuk brand bisnis Anda dan meningkatkan gengsi & nilai tawar Anda. jgn tunggu lama2 sebelum domain idaman anda menjadi milik orang lain.

    kami adalah Hosting terbaik sampai saat ini, data perbandingannya bisa Anda lihat disini http://www.mylifehost.com/perbandingan-mlh-dengan-web-host-lain

    kami juga punya paket Family - Rp. 10 rb perbulan dgn space 400 MB
    Hubungi kami di 0857 619 44 927 atau kirim email ke: support@mylifehost.com


    Thanx Gan...!!

    BalasHapus