Pencarian

Custom Search

14 Oktober 2012

Faktor keamanan untuk internet banking

Tidak ada komentar :
Pemanfaatan internet banking dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa terpisahkan lagi dari kehidupan kita. Internet banking mempermudah kita untuk melakukan transaksi secara real-time antar akun, Real Time Gross Settlement (RTGS) maupun kliring. Selain itu, internet banking saat ini memberikan layanan lain seperti pembayaran listrik, kartu kredit, telepon, biaya pendidikan, penerbangan, zakat, pajak, internet, dan lain-lain. Dengan layanan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, layanan internet banking merupakan pilihan tepat saat kita memerlukan layanan perbankan yang cepat dan aman pada hari kerja, hari libur maupun saat bepergian.


Bagaimana segi keamanan penggunaan internet banking ini? Isu keamanan informasi menjadi sangat penting bila menyangkut internet banking. Banyak resiko dan ancaman terhadap penggunaan internet banking seperti phising, hacking, identity theft, virus, trojan horse, worm, malware, dan lain-lain. Aspek keamanan bukan hanya tanggun jawab pihak perbankan namun juga pemakai itu sendiri.

Berdasarkan penjelasan Karim (2009), Kemanan informasi artinya adalah proteksi informasi dan sistemnya dari akses illegal dan tidak terotorisasi. Faktor keamanan informasi menjadi ukuran kesuksesan bisnis di dunia. Keamanan informasi juga menjadi faktor penting penyebab pertumbuhan internet banking dan pertambahan aktivitas fraudulent. American banker melaporkan bahwa sepertiga akun internet banking menghentikan penggunaan internet banking karena ketidakpuasan layanan keamanan dan kompleksitas penggunaan layanan.

Download file PDF lengkapnya disini

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar