TopOfBlogs Business blog search directory

Cara pengelolaan channel pada wireless LAN

19 November 2012

Wireless LAN atau WLAN adalah sebuah perangkat yang memungkinkan perangkat mobile kita terhubung ke jaringan LAN secara nirkabel. Bila sudah terhubung ke LAN maka kita bisa menikmati fasilitas yang ada di LAN tersebut baik internet, file sharing, printer sharing, dll. Sebuah WLAN bila posisinya berdekatan dan memakai channel yang sama akan menyebabkan interferensi. Akibatnya akses internet bisa lebih lambat dari seharusnya.

Bagaimana kita harus melakukan setting WLAN/access point/hotspot tersebut? Umpamanya anda memiliki koneksi internet lewat HP yang bisa diakses sebagai hotspot. Cara termudah untuk mengoptimalkan koneksi internet lewat HP itu adalah dengan cara mendekatkan hp tersebut dengan laptop kita. Apalagi ditempat umum yang banyak titik hotspotnya.

Cara lain untuk mengoptimasi hotspot kita adalah dengan melakukan setting channel. Sebelumnya lakukan scanning dengan wireless monitor dan channel mana saja yang dipakai. Standar pembagian channel di Indonesia mengikuti Jepang yaitu dari 1 sampai 14 channel. Secara default Samsung Galaxy Y bisa menjadi access point/hotspot dengan menempati channel 6 pada frekuensi sinyalnya. Untuk menghindari interferensi pemakaian channel 6 ini jangan terlalu banyak apalagi overlap dengan sinyal dari hotspot lain yang menempati posisi channel 6.

Cara scan channel bisa menggunakan software ini:
a. Wireless monitor, www.passmark.com
b. inSSIDer, www.metageek.net

Anda bisa melihat channel-channel mana saja yang saling overlap sehingga bisa menempatkan perangkat anda pada channel yang kosong. Biasanya penyetingan channel yang tidak overlap adalah channel 1, chanel 6 dan channel 14.

Bila ingin melakukan skema pemilihan channel anda dapat menyimak tulisan lengkap saya & rekan saya dibawah ini tentang skema pemilihan channel pada wlan 802.11.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

0 comments:

Post a Comment

 
Original template Abstract Mind Redesign by www.yusaindera.com   Powered by  Blogger   Copyright (c) 2007-2010 www.yusaindera.com