Pencarian

Custom Search

05 Juli 2015

Konsep Green Computing dalam IT

Tidak ada komentar :
Konsep Green Computing telah diperkenalkan sejak tahun 1992 oleh U.S. Environmental Protection Agency (EPA) yang mengeluarkan program Energy Star untuk mempromosikan dan menghargai penerapan efisiensi energi pada monitor, perangkat pengontrol iklim, dan teknologi lainnya. Secara umum Energy Star telah membentuk standar sendiri akan perangkat-perangkat elektronik yang ramah lingkungan. Disisi lain, Green Computing juga tidak terlalu menitik beratkan dari segi perangkat dan standarisasinya, dari sisi perilaku pemanfaatan perangkat elektronik tersebut juga berperan penting dalam implementasi konsep Green Computing.


Green Computing dikenal juga dengan istilah Green IT. Dalam pengertiannya, adalah sebuah proses / konsep pengkajian dan pelaksanaan dari suatu desain, pembuatan, penggunaan, pengolahan dari komputer, server, dan perangkat terkait di dalamnya seperti monitor, printer, perangkat penyimpanan data, perangkat komunikasi jaringan dengan cara yang efektif, efisien yang berdampak kecil (tidak berdampak) terhadap lingkungan atau berisiko rendah.

Pada implementasinya, pelaksanaan Green IT dari suatu instansi / perusahaan dapat membantu instansi tersebut dalam menekan biaya pengeluaran sumber daya untuk infrastruktur IT-nya, meningkatkan performa dan penggunaan sistem di dalamnya sejalan dengan proses pelestarian dan tanggung jawab sosial terhadap lingkungan hidup.

Dari penjelasan tersebut, tergambar bahwa Green IT melingkupi beberapa dimensi mulai dari kelestarian lingkungan, efisiensi ekonomi dari penggunaan daya, sampai dengan efisiensi total cost ownership akan biaya-biaya yang dibutuhkan untuk pengolahan / daur ulangnya. Beberapa ruang lingkup yang terangkum dalam Green IT tersebut adalah:

Perencanaan kelestarian lingkungan
· Komputasi berdaya efektif
· Manajemen daya
· Perencanaan data center, tata letak dan lokasinya
· Virtualisasi server
· Tanggung jawab akan pengolahan / daur ulang
· Kepatuhan peraturan
· Penggunaan sumber energi terbarukan
· Pelabelan (pemberian sertifikasi) produk IT yang ramah lingkungan

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar