Pencarian

Custom Search

14 Oktober 2015

Kesederhanaan Bahasa Pemrograman Python

Tidak ada komentar :
Bagi para programmer yang sudah malang melintang di dunia pemrogramanan sudah tentu mengenal bahasa pemrograman Python. Ya bahasa pemrogramanan ini semakin diminati oleh para pencinta pemrogramanan karena kode-kode yang ditampilkan begitu sederhana. Berbeda dengan bahasa pemrograman lain seperti C++, C# (csharp), Java, PHP, Javascript, dll yang struktur sintaksisnya cukup rumit. Bahasa python ini sangat sederhana, beberapa simbol harus selalu ada di bahasa C# seperti kurung kurawal {}, titik koma ; tidak perlu lagi dituliskan pada bahasa python ini.

Sebagai contoh sederhana untuk menampilkan kata "Hello World" dengan bahasa python hanya cukup dengan menulis :

print "Hello World!"

Berbeda dengan bahasa pemrograman C# di console yang kodenya saja sudah panjang segini:

using system;

class Hello {
static void Main(string[] args) {
System.Console.WriteLine("Hello World!");
}
}

Tentu saja bahasa python kini semakin diminati karena cukup mudah dipelajari, Selain itu, sudah banyak para peneliti yang menggunakan bahasa python untuk penelitiannya seperti untuk meneliti DNA, Statistik, Matematika, Fisika, dan ilmu-ilmu lainnya karena faktor kemudahan untuk mempelajari Python. Bahasa python juga termasuk kategori open source jadi kita tidak perlu membeli lisensi dari python. Beberapa Integrated Development Environtment (IDE) kini sudah banyak dikembangkan seperti Anaconda Python dan Canopy, bahkan Microsoft Visual Studio saja ada yang sudah memiliki add-on yang bisa terintegrasi dengan python.

Python dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di CWI, Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Van Rossum sendiri memberi nama bahasa pemrograman python karena terkesan dengan sebuah grup sirkus yang ia gandrungi dari dulu yaitu Monty Python. Jadi python ini sebenarnya bukan diambil dari nama ular python. Tentu saja bahasa pemrograman python ini sudah menggunakan Object Oriented Programming (OOP) dan sudah banyak sekali modul-modul pendukung yang telah dikembangkan. Alamat web python saat ini adalah di www.python.org ada dua versi yang dapat digunakan yaitu 2.7x atau 3.xx. Sebagian besar programmer python masih menggunakan versi 2.7x  dan namun ada beberapa programmer juga yang sudah menggunakan versi 3.x.x . Untuk aplikasinya dapat di download di alamat ini www.python.org/downloads

Bila ingin berlangganan artikel blog ini, silahkan subcribe dengan email atau dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar