Pencarian

Custom Search

24 Desember 2015

Hati-hati email phising yang meminta reset email yahoo

Tidak ada komentar :
Semakin banyak metoda untuk melakukan email phishing di internet, salah satunya adalah email phising yang ditujukan kepada email yahoo kita.  Entah kenapa, email yahoo yang memang tujuannya hanya sekadar email-emailan saja menjadi sasaran phising di internet. Sekadar untuk diperhatikan saja, terutama bagi rekan-rekan yang masih newbie bahwa setiap email yang datang ke inbox kita tidak boleh langsung di klik. Namun, ada unsur kehati-hatian bila kita membuka email yang meminta kita untuk mereset akun baik dari yahoo, google, outlook, apalagi paypal. Tujuan email phising ini adalah untuk mengambil data-data penting dan sensitif  di akun kita seperti user name dan password.

Apa yang perlu kita lakukan untuk menyelidiki sebuah email benar atau PHISING? Caranya sangat mudah dan tidak perlu teknik yang rumit, coba perhatikan....

a. Kita akan melihat subyek dan pengirim selalu seakan-akan dari yahoo, tapi kalau kita cermati ternyata pengirim sebenarnya bukan dari yahoo.


Cara mengecek kebenaran email phising melihat detail email, cek secara cermat alamat pengirim email ini yaitu  ADMIN<info@pangunjiri.com>. Nah, ini saja sudah menunjukkan bahwa email ini bukan dari yahoo.

b. Berikutnya coba liat  Click Here to renew your account. Simpan cursor kita tepat di link ini dan klik kanan dan copy link address nya lalu paste.



http://bfenergies.com/wp-includes/jjb/boxMrenewal.php?Email=*****@yahoo.com&.rand=13vqcr8bp0gud&lc=1033&id=64855&mkt=en-us&cbcxt=mai&snsc=1

Semakin jelas bahwa email ini adalah email PHISHING.

Data yang saya liat di wikipedia jumlah email phising yang diterima desember 2014 mencapai 62.765 kali. Sudah banyak teknik-teknik yang dikembangkan para peneliti yang papernya dipublikasikan di Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) seperti Fuzzy Data Mining, anti phising algoritm, anti phising framework, dll. Namun dari hasil-hasil penelitian tersebut sebenarnya yang paling penting adalah pemahaman pengguna itu sendiri mengenai adanya email phising. Mana yang benar-benar email asli dan mana yang phising! Mana email yang perlu dibuka dan mana email yang perlu dihindari.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar