Pencarian

Custom Search

02 Maret 2016

Apa itu Virtual Local Area Network ( VLAN )

Tidak ada komentar :
Station merupakan bagian dari LAN jika secara fisik ia dimiliki oleh LAN. Jika kita perlu koneksi virtual antara dua station yang terhubung ke LAN yang terpisah secara fisik. Dalam hal ini kita dapat menggunakan virtual local area network (VLAN), sebagai LAN yang dikonfigurasi oleh software, bukan oleh pengkabelan fisik.

Sebuah VLAN mengabstraksikan ide dari LAN yang topologi jaringannya bisa berbentuk banyak port pada satu switch atau banyak port pada beberapa switch. Secara umum, beberapa VLAN bisa dibuat pada sebuah LAN dan masing-masing VLAN tersebut memiliki traffic tersendiri yang  diatur oleh software. Ide dasar dari sebuah VLAN adalah pembuat LAN baru secara virtual tanpa harus penambahan kabel, namun cukup di atur oleh software VLAN.


Kelebihan VLAN ini adalah administrator dapat membagi jaringan LAN sesuai kebutuhan fungsional dan sekuriti tanpa harus ada pengkabelan baru atau perubahan besar pada jaringan utama. IEEE 802.1Q adalah standar pendefinisian dari VLAN. Port atau switch dapat ditunjuk pada satu atau lebih VLAN sehingga sistem pada terbagi menjadi logical grup. Contoh sederhana pengaturan VLAN adalah sebuah komputer yang ada pada VLAN dapat mengakses printer yang masuk pada VLAN yang sama. Adapun komputer di luar VLAN tidak dapat mengakses printer tersebut.



Gambar di atas menunjukkan satu LAN berswitch dibagi-bagi menjadi 3 buah VLAN. Keanggotaan VLAN diatur oleh software. Station dapat berpindah-pindah VLAN. VLAN-VLAN mengelompokkan station-station yang dimiliki oleh satu atau lebih LAN fisk ke dalam berbagai broadcast domain. Station-station dalam VLAN berkomunikasi satu sama lain melalui segmen fisiknya.


Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar