Pencarian

Custom Search

04 Maret 2016

Apa itu Jaringan Backbone ?

Tidak ada komentar :
Seringkali dalam sebuah kawasan perkantoran, kampus, komersial, atau kawasan lainnya kita sering mendengar istilah jaringan backbone. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan jaringan backbone itu ? Jaringan backbone adalah jaringan tulang punggung atau utama yang menghubungkan node-node LAN dan subnetwork dalam wilayah yang luas. Artinya jaringan backbone ini bila sampai terputus maka dapat menyebabkan gangguan yang cukup luas pada wilayah yang dilayaninya. Bila dianalogikan dengan jalan raya, backbone ini mirip dengan Jalan Toll/Jalan bebas hambatan, sedangkan LAN yang terkoneksi ke backbone ibarat jalan-jalan umum yang terkoneksi ke Jalan Toll. Jaringan backbone memungkinkan berbagai LAN terhubung satu sama lain. Dalam jaringan backbone tidak ada station yang secara langsung terhubung ke backbone namun station terhubung ke LAN dan LAN terhubung ke backbone. Sebenarnya, Backbone itu sendiri adalah LAN.


Backbone Bus

Dalam backbone bus, topologi backbonenya adalah bus. Backbone bus itu sendiri dapat menggunakan salah satu protokol dalam topologi bus seperti 10Base5 atau 10Base2. Backbone bus biasanya digunakan sebagai backbone distribusi untuk menghubungkan gedung-gedung yang berbeda dalam suatu organisasi. Setiap gedung dapat dianggap sebagai LAN tunggal atau berupa backbone yang lain (biasanya backbone star).



Dalam gambar di atas, jika station perlu mengirim frame ke station lain dalam LAN yang sama, bridge yang terhubung memblok frame; frame tidak pernah mencapai backbone. Jika station perlu mengirim frame ke LAN yang lain, bridge meneruskan frame ke backbone, yang kemudian diterima oleh bridge yang sesuai dan dikirim ke LAN tujuan. Setiap bridge yang terhubung ke backbone memiliki tabel yang menunjukkan station-station pada sisi LAN dari bridge.

Backbone Star

Dalam backbone star (seringkali dinamakan collapsed backbone atau switched
backbone), topologi backbone adalah star. Backbone adalah satu switch yang
menghubungkan LAN-LAN. Backbone star paling sering digunakan sebagai backbone distribusi dalam gedung.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar