Pencarian

Custom Search

23 April 2016

Cara memunculkan dan menghilangkan widget di blogger mobile

Tidak ada komentar :
Tampilan blog yang mobile friendly saat ini merupakan sebuah tuntutan yang perlu diikuti para blogger karena para pengunjung blog kini sebagian besar memakai gadget mobile. Bila template yang dipakai tetap tempate jadul non-mobile friendly maka bisa dipastikan tampilannya tidak akan ngepas di layar pembaca. Saat ini yang sedang ngetrend adalah jenis tampilan mobile responsive, dimana tampilan blog akan menyesuaikan layar para pembaca dengan sendirinya. Untuk membuka blog mobile ini, kita bisa membuka blog kita dengan menambah akhiran ?m=1 diblog kita. Misalkan nama blognya www.yusaindera.com maka alamat blog mobilenya di www.yusaindera.com/?m=1.



Ketika blog mobile dibuka biasanya akan muncul beberapa widget, namun ada juga yang widgetnya tidak muncul sama sekali. Oleh karena itu, perlu kita seting widget ini agar yang keluar sesuai dengan keinginan kita, caranya :

1. Kita harus masuk ke www.blogger.com dulu.

2. Kemudian pilih blog yang dimaksud.

3. Kemudian klik "Template" dan "Edit HTML".


4. Kemudian cari widget yang dimaksud dengan melakukan pencarian kata kunci "b:widget" sampai tag widget yang dimaksud muncul dilayar.


Ada beberapa opsi untuk menyeting widget agar muncul atau hilang di blog versi dekstop maupun mobile yaitu:

1. Untuk memunculkan widget agar hanya tampil di mobile blog saja maka kita harus menambahkan elemen mobile='only' ke tag widget yang dimaksud.

<b:widget id='Header1' locked='false' mobile='only' title='Tutorial dan catatan online di internet  (Header)' type='Header' version='1' visible='true'>

2. Untuk menghilangkan widget agar tidak tampil di blog mobile dan blog desktop  maka kita harus menambahkan elemenmobile='no' ke tag widget yang dimaksud.

<b:widget id='Header1' locked='false' mobile='no' title='Tutorial dan catatan online di internet  (Header)' type='Header' version='1' visible='true'>

3. Untuk memunculkan widget agar tampil di blog mobile dan blog desktop  maka kita harus menambahkan elemen mobile='yes' ke tag widget yang dimaksud.

<b:widget id='Header1' locked='false' mobile='yes' title='Tutorial dan catatan online di internet  (Header)' type='Header' version='1' visible='true'>

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar