Pencarian

Custom Search

28 Agustus 2016

SMTP adalah Simple Mail Transfer Protocol untuk mengirim email

Tidak ada komentar :
Sebagaimana telah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang pengertian dan fungsi SMPT yang pernah saya dahulu tulis apa itu SMTP ? SMTP adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengirim email melalui koneksi data stream TCP (Transfer Control Protocol). SMPT inilah yang mengatur negosiasi dan transmisi email yang melalui TCP dengan perintah singkat tertentu.

Berbeda dengan Internet Message Access Protocol (IMAP) yang berfungsi untuk mengambil email di port 143 oleh klien secara remote baik offline maupun online. Selain itu,  IMAP tersedia dalam mode operasi konek dan diskonek, serta memungkinkan akses user secara simultan dan multiple user pada mailbox yang sama.

Berbeda juga dengan Post Office Protocol 3 (POP 3) , protokol ini merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil email dari remote server pada port TCP 110. Sebuah server merupakan tempat menyimpan email yang dapat diakses oleh sebuah aplikasi untuk membaca email. Biasanya aplikasi ini mendownload seluruh email, kemudian setelah seluruh email terdownload aplikasi ini akan menghapus email dari server.



Perbedaan yang paling mendasar antara SMTP dengan IMAP atau POP3 adalah

1. SMTP berfungsi untuk mengirimkan pesan email, sedangkan IMAP atau POP3 berfungsi untuk menerima pesan email.

2. SMPT menggunakan TCP port 25, sedangkan IMAP menggunakan port 143 dan POP3  menggunakan port 110 untuk setingan defaultnya. Namun untuk setingan masing-masing provider biasanya bisa memakai port yang berbeda-beda.

SMPT berada pada layer aplikasi bersama dengan protokol-protokol lainnya seperti Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Network File System (NFS), Simple Network Management Protocol (SNMP), Domain Name System (DNS), dan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP).

Untuk melihat daftar nama smpt maupun pop3 atau imap yang digunakan oleh berbagai provider yang ada di Indonesia dapat melihat pada artikel berikut ini daftar smpt pop3 dan imap .




Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar