Pencarian

Custom Search

13 September 2016

Kepanjangan Modem - Modulator Demodulator

Tidak ada komentar :
Modem adalah kepanjangan dari MOdulator - DEModulator karena alat tersebut dapat melakukan modulasi sinyal dari sinyal dasar (base signal), dan demodulasi sinyal ke bentuk asli sehingga informasi yang dibawa dapat diterjemahkan.

Anda mungkin sering mendengarkan siaran radio melalui gelombang radio. Gelombang radio ini telah dimodifikasi dengan teknik modulasi untuk merubah bentuk dasar sehingga dapat mentransmisikan informasi tertentu ke demodulator. Dua teknik yang paling populer adalah Amplitude Modulation (AM) dan Frequency Modulation (FM) yang satu modulasi amplitude dan yang satu modulasi frekuensi.  Perbedaannya dengan komputer adalah penggunaan kode biner 1 dan 0 untuk mengidentifikasi sinyal tersebut, pada saat naik diberi nilai 1 dan pada saat turun diberi nilai 0.


Seluruh sinyal gelombang memiliki kesamaan karakteristik, seperti ini:

  • Amplitudo, yaitu tinggi gelombang.
  • Periode, yaitu panjang gelombang dalam satu putaran.
  • Fase, yaitu seberapa jauh gelombang melalui putarannya.

Modulasi Sinyal

Teknik modulasi memungkinkan penambahan data pada bentuk gelombang dengan merubah bentuk aslinya. Perubahan yang dilakukan adalah pada amplitudonya, frekuensinya dan fasenya. Dalam berbagai kasus, gelombang yang telah dimodulasi dapat dibatalkan dengan cara demodulasi, asumsinya telah diketahui tipe modifikasi yang dilakukan. Ketika berhubungan dengan komputer, komputer hanya dapat memahami dua bentuk saja terbuka atau tertutup, hidup atau mati, dan 0 atau 1. Angka biner ini memungkinkan transmisi data melalui frekuensi radio dapat diterjemahkan.

Demodulasi Sinyal

Teknik untuk mengubah sinyal yang membawa data untuk dikembalikan ke bentuk aslinya dan data tersebut diterjemahkan dalam bilangan biner 0 atau 1 oleh demodulator.


Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar