Pencarian

Custom Search

24 September 2016

World Wide Web (www), Electronic Mail (email) , transfer file, remote control, voip, shared network storage & pararel processing

Tidak ada komentar :
Jaringan komputer adalah sekumpulan dari host komputer yang saling berkomunikasi satu sama lain. Untuk memungkinkan komunikasi antara host komputer ini maka setiap host komputer terkoneksi dengan jaringan kabel atau nirkabel (wireless). Komunikasi ini di kontrol oleh software jaringan yang ada pada host komputer tersebut.  Perangkat host dapat berbentuk apa saja seperti server, workstation, komputer pribadi, smartphone dan laptop. Untuk perangkat jaringan dapat berupa switches, routers, repeaters, dan firewalls.


Beberapa aplikasi jaringan yang digunakan dalam komunikasi antar  host ini adalah:

a. World Wide Web yang merupakan kepanjangan dari www, secara teknis aplikasi jaringan ini memungkinkan pertukaran kode text halaman dalam Hypertext Markup Language
(HTML) menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Awalnya HTML hanya mendukung hyperlink yang memungkinkan penguna pindah dari satu halam ke halaman lain, namun sekarang HTTP dan HTML sudah mendukung tambahan lainnya seperti multimedia web dan ekstensi lainnya yang lebih canggih.

b.  Electronic mail yang merupakan kepanjangan dari email, aplikasi jaringan ini memungkinkan dua host bertukar pesan dalam format berbentuk text. Bahkan saat ini email sudah bisa menyisipkan file, gambar dan video dalam pesannya.

c.  Transfer file dan sharing file, aplikasi jaringan ini memungkinkan transfer file antar komputer host. Beberapa aplikasi yang ada adalah File Transfer Protocol (FTP), Secure FTP (SFTP), Network File System (NFS), and Server Message Block (SMB).

d.  Remote Control, aplikasi jaringan ini memungkinkan kita untuk mengontrol komputer host dari jarak jauh  dalam sebuah jaringan. Beberapa aplikasi yang ada adalah Windows Remote Desktop, Virtual Network Computing (VNC), and remote shell (rsh).

e.  Voice over IP (VoIP) dan Video over IP, aplikasi jaringan ini memungkinkan transfer suara atau video melalui protokol internet. Beberapa website yang menggunakan aplikasi ini untuk menyelipkan konten video dalam paket IP.

f.  Share network storage, adalah aplikasi yang memiliki spesialisasi untuk mengkoneksikan jaringan dengan penyimpanan/hardisk jaringan agar dapat diakses dari komputer host.

g. High availability (HA) and parallel processing adalah aplikasi jaringan yang memungkinkan komputer host bertindak sebagai logical host, kadang juga disebut sebagai komputer kluster. Host ini menggunakan software klustering untuk mengelola super komputer. Klustering dibutuhkan agar fisik komputernya terkoneksi ke jaringan.





Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar