Pencarian

Custom Search

16 Oktober 2016

Cara mendeteksi atau scan website yang mengandung malware atau virus online

Tidak ada komentar :
Menjelajahi dunia maya adalah sebuah hobi yang sangat mengasikkan, tentu saja karena dengan sekali ketik kueri di pencarian, apa yang kita perlukan bisa didapatkan dengan mudah. Namun, kemudahan ini tentu harus dibarengi oleh pemahaman kita bahwa browsing di internet tidak seaman yang kita kira. Berbagai teknik kejahatan di dunia maya seperti upaya pembobolan password, pencurian nomor kartu kredit adalah salah satu noda hitam di dunia internet. Teknik yang paling mudah bagi attacker adalah dengan memasang malware atau virus di komputer kita sehingga mereka leluasa mengawasi apa yang kita ketik dengan key logger. Teknik ini dikenal sebagai teknik man in the middle yang sangat populer di kalangan praktisi sekuriti di internet.


Untuk mendeteksi sebuah web mengandung malware atau virus berbahaya sebenarnya sangat mudah, biasanya domain tersebut di parkir ke tempat-tempat yang kurang aman seperti contohnya AS26481 (REBEL-HOSTING) .  Biasanya browser-browser seperti mozilla firefox juga secara otomatis akan menampilkan pesan seperti gambar dibawah bila kita mengunjungi website-website yang mengandung malware atau virus.


Namun, bila kita ingin lebih jauh menyelidiki status keamanan website tersebut kita bisa mengunjungi website ini:

https://www.google.com/transparencyreport/safebrowsing/diagnostic/?hl=en

Untuk menggunakannya sangat mudah tinggal kita ketikkan alamat website tersebut ke dalam kotak query seperti contoh dibawah.


Tentu saja bila kita memasukkan alamat blog ini ke dalam query akan terdeteksi sebuah blog yang aman tidak mengandung malware atau virus. Namun, bila kita coba sebuah situs lain yang ternyata berbahaya maka akan muncul pesan seperti gambar di bawah.



Nah, dengan hasil query ini sudah jelas website yang akan kita kunjungi berbahaya dan lebih baik menutup tab browser untuk mencari website-website lainnya yang lebih bermanfaat.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar