Pencarian

Custom Search

21 Januari 2017

Next Generation Network (NGN) adalah ...

Tidak ada komentar :
Perubahan teknologi dan transisi ke arah Next Generation Network (NGN) merupakan salah satu isu yang berkembang di Indonesia saat ini. NGN adalah teknologi yang berbeda dengan layanan tradisional. NGN merupakan jaringan packet-switch yang dapat melayani berbagai layanan komunikasi. Permintaan pasar terus berubah dan konsumen menuntut layanan dengan kualitas yang semakin baik. Untuk memenuhi kebutuhan ini, diperlukan pengembangan Next Generation Network (NGN) dengan kualitas pelayanan yang semakin tinggi. Jaringan NGN adalah platform yang dapat memberikan konektivitas dimana-mana dan antarmuka pintar untuk komunikasi manusia dengan mesin dalam menyerap akses layanan yang membawa nilai kepada kehidupan manusia untuk perkembangan dan pengalaman baru.


NGN adalah sebuah teknologi jaringan yang konvergen dan kumpulan dari berbagai fungsi jaringan yang jaringan intinya menggunakan backbone IP/MPLS. NGN adalah sebuah teknologi jaringan yang konvergen dan kumpulan dari berbagai fungsi jaringan yang jaringan intinya menggunakan backbone IP/MPLS. MPLS atau Multi Protocol Label Switch adalah alat untuk memetakan ip address terhadap label yang panjangnya tertentu, untuk packet-switching dan teknologi forwarding. Protokol routing yang digunakan dalam MPLS adalah Resource-Reservation Protocol (RSVP) dan Open Shortest Path First (OSPF). MPLS juga dapat mendukung Asynchronous Transfer Mode (ATM), IP dan Frame Relay (FR). Keuntungan MPLS adalah manajemen kualitas layanan atau Quality of Services (QoS) berupa peningkatan kecepatan, skalabilitas dan traffic.

NGN adalah jaringan yang didesain untuk melayani komunikasi multimedia, memiliki kapasitas broadband, tingkat latensi rendah, packet loss rendah, jaminan QoS dan transportasi multi kanal dengan tingkat data yang tinggi. Beberapa jenis layanan NGN yang adalah :

1.     Layanan IP video, yaitu dapat digunakan untuk internet akses melalui TV, video conferencing, video phone, video instant messaging (IM).
2.     Layanan Voice over IP (VoIP), yaitu jaringan suara Time Division Multiplexing (TDM) yang dapat memberikan tingkat layanan memuaskan untuk panggilan suara dengan bandwidth yang dialokasikan.
3.     Layanan Data,  yaitu peningkatan kualitas layanan atau QoS untuk web browsing, email, internet chat, aplikasi, musik, downloading dan file sharing.
4.     Layanan WiMAX, yaitu kemungkinan pengembangan jaringan NGN dengan teknologi WiMAX, dll. 
Tentu saja perkembangan teknologi internet juga akan terus berkembang, teknologi sekarang yang disebut next generation network bisa jadi menjadi usang di masa-masa yang akan datang.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar