Pencarian

Custom Search

29 Januari 2017

Teknologi Artificial Intelligent (AI) yang sedang trend saat ini

Tidak ada komentar :
Saat ini, pangsa pasar teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent  (AI) semakin berkembang. Banyak start-up dan raksasa internet mencoba peruntungan untuk berinvestasi di bidang ini. Sebuah survey penelitian menunjukkan bahwa, tahun lalu 38% perusahaan sudah mulai menggunakan AI bertambah 62% pada tahun 2018. Penelitian Forrester memperkirakan lebih dari 300% investasi akan masuk ke bidang AI dibandingkan tahun 2016. IDC mengestimasi bahwa pangsa pasar AI akan berkembang dari $8 trilyun di 2016 menjadi $ 47 trilyun di tahun 2020.


Forrester baru saja mempublikasikan  sebuah laporan TechRadar pada AI dan melakukan analisis detail teknologi yang kemungkinan diadopsi untuk mendukung pengambilan keputusan manusia saat ini, yaitu:
  1. Natural Language Generation/Pembuatan bahasa alamiah: yang menghasilkan teks dari data komputer. Saat ini digunakan pada layanan konsumen, pembuatan laporan, dan membuat ringkasan pandangan bisnis yang cerdas.  Contoh sampel vendors: Attivio, Automated Insights, Cambridge Semantics, Digital Reasoning, Lucidworks, Narrative Science, SAS, Yseop.
  2. Speech Recognition/Pengenalan Suara: untuk menuliskan dan mentransformasikan suara ke format yang dapat digunakan aplikasi komputer. Saat ini digunakan di aplikasi mobile dan interactive voice response system. Contohnya NICE, Nuance Communications, OpenText, Verint Systems.
  3. Virtual Agents/Agen virtual agen virtual yang bisa berkomunikasi dengan manusia seperti chatbots sederhana sampai sistem canggih yang dapat berjejaring dengan manusia. Contoh sampel : Amazon, Apple, Artificial Solutions, Assist AI, Creative Virtual, Google, IBM, IPsoft, Microsoft, Satisfi.
  4. Machine Learning Platforms/Platform pembelajaran mesin: yang memungkinkan algoritma, APIs, pengembangan dan pelatihan toolkits, data, sebagaimana kekuatan komputer untuk mendesain, melatih, memasang model dalam aplikasi, proses, dan mesin lainnya. Saat ini digunakan diberbagai aplikasi perusahaan termasuk prediksi atau klasifikasi. Contoh vendor: Amazon, Fractal Analytics, Google, H2O.ai, Microsoft, SAS, Skytree.
  5. AI-optimized Hardware/Perangkat optimisasi AI:  yaitu unit pemrosesan grafis dan aplikasi yang spesifik untuk mendesain dan merancang pekerjaan komputasional AI berjalan secara efisien. Contoh:  Alluviate, Cray, Google, IBM, Intel, Nvidia.
  6. Decision Management/Manajemen keputusan: Mesin yang memasukkan aturan dan logika ke sistem AI dan digunakan untuk setup awal/pelatihan dan maintenance. Teknologi ini telah matang dan digunakan diberbagai aplikasi perusahaan untuk membantu pengambilan keputusan. Contoh vendor: Advanced Systems Concepts, Informatica, Maana, Pegasystems, UiPath.
  7. Deep Learning Platforms/Platform pembelajaran secara mendalam: yaitu bentuk machine learning yang di dalamnya terdapat artificial neural networks dengan lapisan abstrak beranekaragam. Digunakan umumnya untuk memahami pola dan klasifikasi aplikasi yang mendukung data set yang besar. Contoh vendor:  Deep Instinct, Ersatz Labs, Fluid AI, MathWorks, Peltarion, Saffron Technology, Sentient Technologies.
  8. Biometrics/Biomterik: memungkinkan interaksi yang alami antara manusia dan mesin, termasuk namun tidak terbatas ke pengenalan gambar dan sentuhan, suara dan bahasa tubuh. Digunakan dalam penelitian pasar seperti 3VR, Affectiva, Agnitio, FaceFirst, Sensory, Synqera, Tahzoo.
  9. Robotic Process Automation/Otomatisasi Pemrosesan Robotik: menggunakan skrip dan metoda lain untuk mengotomatisasi tindak untuk mendukung proses bisnis yang efisien. Umum digunakan bila tenaga manusia terlalu mahal dan tidak efisien. Sampel vendor: Advanced Systems Concepts, Automation Anywhere, Blue Prism, UiPath, WorkFusion.
  10. Text Analytics and NLP/Analisis Teks dan Pemrosesan Bahasa Alamiah: digunakan untuk menfasilitasi pemahaman struktur dan arti, sentimen, maksud melalui metoda statistik dan machine learning. Umum digunakan pada deteksi fraud dan keamanan, asisten otomatis dan aplikasi untuk menggali data tidak terstruktur. Contoh vendor:  Basis Technology, Coveo, Expert System, Indico, Knime, Lexalytics, Linguamatics, Mindbreeze, Sinequa, Stratifyd, Synapsify.
Sumber : http://www.forbes.com/sites/gilpress/2017/01/23/top-10-hot-artificial-intelligence-ai-technologies/#1e54d71c42de

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar