Pencarian

Custom Search

15 Februari 2017

Kondisional if pada python : Tutorial python

Tidak ada komentar :
Dalam pemrograman python, salah satu kekuatan untuk perancangan algoritmanya adalah kondisional if. Kondisional if adalah kondisional yang memberi pilihan jika kondisi A maka yang akan dilakukan tindakan A, jika kondisi B maka yang akan dilakukan adalah tindakan B dan selanjutnya. Untuk kondisional if di python sangatlah mudah, perlu diperhatikan bahwa pembeda antara pernyataan induk dengan anaknya dalam python adalah TAB, sebuah pernyataan di python tidak ditutup oleh tanda semikolon (;) tapi dibiarkan terbuka kemudian baris selanjutnya jika merupakan subnya maka hanya dipisahkan TAB.  Oleh karena itu, pyton lebih simpel dibandingkan dengan bahasa pemrograman karena induk dengan subnya dapat dipisahkan oleh TAB saja.

if x > 0 :
      print 'x is positive'   #x bilangan positif

Nah seperti contoh kondisional ini adalah contoh paling sederhana yaitu jika x lebih besar dari nol maka program akan mengeprint "x is positive". Untuk kondisi selain dari x lebih besar dari nol tidak akan dieksekusi.


Kondisional dua cabang/jalur

Jika pada contoh kondisional sebelumnya ada satu cabang maka untuk contoh selanjutnya memiliki kedua cabang. Program ini dibuat untuk menentukan apakah sebuah bilangan habis dibagi dua atau tidak? Bila bilangan tersebut habis dibagi dua maka sisanya nol selanjutnya program akan melakukan print "x is even". Jika bilangan tersebut tidak habis dibagi dua atau bersisa maka program akan melakukan print "x is odd".

if x%2 == 0 :
      print 'x is even'   #x bilangan genap
else :
      print 'x is odd'   #x bilangan ganjil



Kondisional tiga cabang atau lebih (chained conditional)

Untuk kondisional yang memiliki tiga cabang dapat menggunakan if, elif dan else. Ketiga kata ini dapat digunakan untuk membuat tiga cabang kondisional dalam if, seperti pada contoh di bawah.

if x < y:
     print 'x is less than y'
elif x > y:
     print 'x is greater than y'
else:
     print 'x and y are equal'

Penjelasan:
Pada program tersebut ada tiga pilihan (1) jika x lebih kecil dari y maka print 'x is less than y', (2) jika x > y maka print 'x is greater than y' dan (3) jika selain itu yang lainnya x dan y adalah sama print 'x and y are equal'.


Kondisional if cabang dalam cabang (nested conditional)

Untuk kondisional if cabang dalam cabang dapat menggunakan kata if, else sedangkan cabang anak harus dibuat menjorok kedalam dengan menggunakan tab.

if x == y:
    print 'x and y are equal'
else:
    if x < y:
          print 'x is less than y'
    else:
          print 'x is greater than y'

Penjelasan:
Program diatas menjelaskan bahwa jika x sama dengan y maka print 'x and y are equal', namun jika tidak, maka lihat lagi apakah x lebih kecil dari y atau tidak. Jika x lebih kecil dari y maka print 'x is less than y'. Selain itu, print 'x lebih besar dari y'.


Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar