Pencarian

Custom Search

26 Februari 2017

Tutorial python : fungsi built-in / bawaan dalam python

Tidak ada komentar :
Dalam sebuah pemrograman, sebuah fungsi memiliki peran yang penting untuk mempermudah pemanggilan algoritma pemrograman sehingga script dalam fungsi tersebut tidak terulang dan duplikasi beberapa kali di pemrograman. Cukup dengan memanggil nama fungsi tersebut maka keseluruhan script yang ada dalam fungsi itu akan dieksekusi. Kita sebenarnya telah menggunakan fungsi tersebut dibeberapa tutorial sebelumnya, seperti contoh dibawah:

>>> type(32)
<type 'int'>

Kalau kita memanggil fungsi type ini maka sebuah nilai integer akan diterjemahkan oleh interpreter dari tipenya sehingga sebuah angka 32 akan diterjemahkan sebagai integer berdasarkan fungsi ini. Ini adalah fungsi bawaan dari python dan sebenarnya script asli fungsi ini bisa jadi cukup panjang. Namun, dengan memanggil nama fungsinya kita bisa menghemat tempat untuk penulisan ulang script. Pada contoh di atas angka 32 adalah argumen sedangkan <type 'int'> adalah return value.

Python menyediakan sejumlah fungsi siap pakai dan pembuat pyhton telah menulis sejumlah fungsi untuk mempermudah pemrograman python. Contohnya adalah fungsi max dan min yang bisa dilihat pada contoh di bawah :

>>> max('Hello world')
'w'
>>> min('Hello world')
' '

Pada contoh fungsi di atas, fungsi max berfungsi untuk menemukan karakter string yang paling besar nilainya pada kalimat 'Hello world' yaitu karakter 'w'.  Adapun untuk fungsi min berfungsi untuk menemukan karakter yang paling kecil nilainya pada kalimat 'Hello world' yaitu karakter ' '.

Contoh fungsi bawaan lain dari python adalah fungsi len, seperti contoh di bawah:

>>> len('Hello world')
11

Fungsi len ini berfungsi untuk menghitung jumlah karakter yang ada pada sebuah kalimat berjenis string. Pada contoh diatas  kalimat 'Hello world' berjumlah 11 karakter.

Ada juga contoh fungsi lain untuk mengkonversi nilai dari string ke integer seperti contoh di bawah:

>>> int('32')
32
>>> int('Hello')
ValueError: invalid literal for int(): Hello

Sebuah string bisa dikonversi menjadi integer dengan fungsi int bila string tersebut berupa angka, namun bila string tersebut berupa huruf tidak bisa dikonversi dengan fungsi int ini.

>>> int(3.99999)
3
>>> int(-2.3)
-2

Angka desimal juga bisa dikonversi menjadi string dengan fungsi int dari 3.99999 menjadi angka 3 yang merupakan pembulatan ke bawah.

>>> float(32)
32.0
>>> float('3.14159')
3.14159

Fungsi float dapat mengkonversi angka integer menjadi angka desimal dari angka 32 menjadi 32.0. Fungsi float juga bisa mengkonversi string menjadi float.

>>> str(32)
'32'
>>> str(3.14159)
'3.14159'

Fungsi str dapat mengkonversi angka integer menjadi string atau mengkonversi angka float menjadi string seperti contoh di atas.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar