Pencarian

Custom Search

11 Februari 2017

Tutorial python : operator, operands dan expression dalam python

Tidak ada komentar :
Operator adalah simbol spesial yang merepresentasikan komputasi seperti penambahan dan perkalian. Adapun operands adalah nilai yang diberikan kepada operator. Operator seperti +, -, *, /, dan ** merupakan operasi penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan eksponensial, dapat diberikan contoh sebagai berikut:

20+32 hour-1 hour*60+minute minute/60 5**2 (5+9)*(15-7)

Operasi pembagian di python bisa saja tidak seperti yang diharapkan:

>>> minute = 59
>>> minute/60
0

Nilai 59 menit dan aritmetik konvensional 59 dibagi dengan 60 adalah 0.9833 bukanlah 0. Penyebab perbedaan hasil kalkulasi ini adalah karena python melakukan pembulatan ke bawah ketika melakukan operasi pembagian.

Ketika operands berbentuk integer, hasilnya juga integer. Pembagian tadi membuang bagian koma-koma nya, jadi pada contoh di atas hasilnya akan nol. Bila operands berbentuk bilangan desimal atau floating point, maka python juga akan melakukan pembagian sampai ke koma-komanya, contoh:

>>> minute/60.0
0.98333333333333328

Expression adalah kombinasi antara nilai, variabel dan operator. Sebuah nilai dan variabel dapat dikatakan sebuah expression, sebagaimana contoh dibawah :

>>> 1 + 1
2

>>> 5
>>> x = 5
>>> x + 1
6

Kemudian untuk expression ini aturan apa yang dipakai untuk menjalankan urutan pertama eksekusi expression tersebut:

a. Expression yang ada dalam tanda kurung akan pertama kali di eksekusi. Bila ada expression seperti ini 2 * (3-1) tanda kurung akan dieksekusi terlebih dahulu sehingga hasilnya adalah 4.

b. Eksponensional akan terlebih dahulu dieksekusi, bila ada expression seperti ini 2**1+1 hasilnya adalah 3, bukan 4.

c. Perkalian dan pembagian akan dieksekusi terlebih dahulu, baru setelah ini penambahan dan pengurangan. Jika ada expression seperti ini maka 6+4/2 hasilnya adalah 8 bukan 5.

d. Urutan operator yang sama dalam expression akan dieksekusi yang sebelah kiri dahulu, jadi jika ada expression seperti ini 5-3-1 hasilnya adalah 1, bukan 3.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar