Pencarian

Custom Search

05 Februari 2017

Tutorial python : Perintah print hello word pada python

Tidak ada komentar :
Pada tutorial python kali ini saya akan menjelaskan perintah-perintah sederhana untuk pemrograman python. Adapun untuk python yang akan saya pakai kali ini adalah python 2.7x bukan python 3.xx. Untuk rekan-rekan disini yang belum memahami perbedaan python 2.7x atau 3.xx saya sarankan untuk menggunakan python 2.7x karena perbedaan tipis sekali. Setelah anda memahami python 2.7x maka anda lebih mudah memahami python yang versinya lebih tinggi seperti python 3.xx. Selain itu, banyak sekali script-script python yang dikembangkan dengan python 2.7x karena versi ini sudah banyak dan lama digunakan oleh programmer python. Untuk mendownload python silahkan anda kunjungi alamat website ini www.python.org

Nah, ini dia langkah pertama untuk membuat perintah python yaitu membuat kalimat hello world.

>>> print 'Hello world!'
Hello world!

Bila anda tidak menambahkan kata print di depan ‘hello world’ maka perintahnya akan error seperti dibawah:

>>> Hello-world
Traceback (most recent call last):
File "", line 1, in
NameError: name 'good' is not defined


Membuat perintah matematika sangat mudah di Python hanya dengan menuliskan kalimat sederhana matematika itu sendiri akan menghasilkan angka yang diinginkan seperti contoh di bawah.

>>> x = 6
>>> print x
6

>>> y = x * 7
>>> print y
42

Perintah python ini dapat pula disimpan/save dengan extensi .py sehingga bila anda memberi nama file anda hello.py maka anda dapat memanggilnya dengan cara:

>>> cat hello.py
print 'Hello world!'

>>> python hello.py
Hello world!

Nah ini contoh-contoh kesalahan beberapa sintak python yang menghasilkan error, silahkan anda amati kenapa sintak ini menyebabkan kesalahan.

>>> primt 'Hello world!'
File "", line 1
primt 'Hello world!'
SyntaxError: invalid syntax


>>> I hate you Python!
File "", line 1
I hate you Python!
SyntaxError: invalid syntax
Untuk aplikasi python, saya sarankan anda menggunakan Anaconda python yaitu aplikasi yang telah dikembangkan oleh Developer Continuum karena Anaconda adalah aplikasi yang sangat user friendly seperti yang pernah saya jelaskan pada artikel berikut.

Bila ingin berlangganan artikel blog ini, silahkan subcribe dengan email atau dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar