Pencarian

Custom Search

19 Maret 2017

Definisi Smartcard adalah

Tidak ada komentar :
Smartcard adalah kartu plastik yang berukuran sama dengan kartu kredit yang di dalamnya terdapat chip silikon yang disebut microcontroller. Chip merupakan integrated circuit yang terdiri dari prosesor dan memori. Chip, seperti layaknya CPU (Central Processing Unit) di komputer, bertugas melaksanakan perintah dan menyediakan power ke smartcard. Smartcard merupakan pengembangan dari kartu magnetis, namun berbeda dengan kartu magnetis yang hanya dipakai sebagai tempat penyimpanan data, smartcard mempunyai kemampuan untuk memproses dan menginterpretasikan data, serta menyimpan data tersebut secara aman. Apalagi dengan perkembangan algoritma kriptografi, data yang disimpan akan dienkripsi terlebih dahulu, sehingga tidak mudah dibaca oleh pihak yang tidak berwenang/berhak. Hal ini akan mempersulit pemalsuan smartcard. Selain perbedaan dengan adanya chip, smartcard memiliki kapasitas memori yang lebih besar dari kartu magnetis.


Jenis Memory pada Smartcard Secara umum ada 3 jenis memori [ISO7816-95] yang digunakan :

a) ROM (Read Only Memory), berfungsi untuk menyimpan program utama dan sifatnya permanen.

b) RAM (Random Access Memory), berfungsi untuk menyimpan data sementara ketika proses sedang berjalan atau hasil penghitungan selama mengeksekusi perintah. Data yang disimpan di dalamnya akan hilang begitu smartcard dicabut (power hilang).

c) EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), berfungsi untuk menyimpan program dan data yang sewaktu-waktu bisa diubah. Seperti halnya hard disk pada komputer, jenis memori ini akan tetap menyimpan data meskipun tidak ada power(permanen).

Ada 2 tipe smartcard, yaitu smartcard yang mempunyai mikroprosesor dan menawarkan kemampuan membaca, menulis dan melakukan penghitungan, seperti mikrokomputer kecil. Yang kedua adalah smartcard memori yang tidak mempunyai mikroprosesor dan digunakan hanya untuk tempat menyimpan. Smartcard memori menggunakan security logic untuk mengatur akses ke memori.

Secara komersial, industri membuat smartcard dalam beberapa varian, yaitu:

1. Memory cards. Smartcard jenis ini hanya berfungsi untuk menyimpan data,tidak mempunyai processor atau sistem keamanan yang canggih melainkan hanya perlindungan fisik (karena smartcard bersifat tamper proof).

2. Memory protected cards. Smartcard jenis ini mempunyai sistem keamananyang lebih canggih daripada memory cards, misalnya mekanisme password untuk mengakses smartcard.

3. Microprocessor cards. Smartcard jenis ini mempunyai processor sehingga dapat melakukan komputasi walaupun terbatas. Kemampuannya antara lain mengorganisasikan berkas (file) yang dilindungi dengan password.

4. Java cards. Smartcard ini dilengkapi dengan Java Virtual Machine demikian hingga dapat dimasukkan berbagai program ke dalamnya.

5. Public key cards. Smartcard ini mendukung public key cryptography (kriptografi asimetris) sehingga proses enkripsi/dekripsi dapat dilakukan secara internal dan dapat menyimpan key.

Pada umumnya, smartcard tidak berisi power supply, display atau keyboard. Smartcard berinteraksi dengan dunia luar dengan menggunakan antarmuka komunikasi serial melalui 8 titik kontak. Ukuran dan letak dari kontak tersebut didefinisikan didalam ISO 7816, bagian kedua. Gambar berikut menunjukkan kontak di dalam smartcard.

Smartcard dimasukkan ke dalam perangkat penerima smartcard (Card Acceptance Device/CAD), yang dapat dihubungkan dengan komputer. Istilah lain yang digunakan untuk CAD adalah terminal, reader dan IFD (interface device/perangkat antarmuka). Semuanya mempunyai fungsi dasar, yaitu menyediakan power ke smartcard dan membangun hubungan pertukaran data.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar