Pencarian

Custom Search

19 Maret 2017

Pengertian Short Message Service (SMS) adalah

Tidak ada komentar :
SMS adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk teks dari dan kepada perangkat mobile ponsel. Teks tersebut bisa terdiri dari kata-kata atau nomor kombinasi alpha numeric. SMS diciptakan sebagai standar pesan (message) oleh ETSI (European Telecommunication Standar Institute) yang juga membuat standar GSM yang diimplementasikan oleh semua operator GSM. Panjang setiap pesan dalam SMS maksimal terdiri dari 160 karakter jika menggunakan alphabet Latin dan 70 karakter jika menggunakan alpahbet non-Latin seperti huruf Arab atau Cina.



SMS merupakan sebuah layanan yang banyak diaplikasikan pada sistem komunikasi wireless, memungkinkan dilakukannya pengiriman pesan dengan sistem eksternal, seperti email, paging, voice mail dan lain-lain. Aplikasi SMS merupakan aplikasi yang memiliki banyak peminat dan pengguna saat ini walaupun sudah banyak digantikan oleh aplikasi berbasis mobile seperti whatsapp, blackberry messenger, facebook messenger, line, dll.

Teknologi SMS memiliki beberapa keunggulan yaitu harganya murah, merupakan "Delivered Oriented Service", artinya pesan akan selalu diusahakan untuk dikirimkan ke tujuan jika suatu saat nomor tujuan tidak aktif atau di luar jangkauan, maka pesan akan disimpan di SMS Center (SMSC) Server yang selanjuntya akan dikiirimkan segera setelah nomor tujuan aktif kembali.

Setiap penyedia layanan mengoperasikan satu atau lebih SMSC. SMS dari pengguna ponsel dikirim melalui wireless dari menara seluler ke SMSC. Protokol akses SMSC memungkinkan interaksi antara dua SMSC atau interaksi internal antara eksternal Short-Message Entities (SMEs) dan SMS Center.

Agregator adalah badan usaha yang melakukan negosiasi perjanjian dengan penyedia jaringan. Agregator bertindak sebagai perantara (broker) yang menyediakan akses ke jaringan selular, untuk layanan pesan kepada pihak ketiga yang tidak memiliki hubungan langsung dengan jaringan selular.  Para agregator pesan menggunakan Short Message Peer to Peer (SMPP) untuk mempertahankan koneksi dengan jaringan Agregator biasanya menyediakan akses ke server mereka baik melalui SMPP atau menggunakan Application Programming Interface (API), khusus ditulis dalam Java, PHP, Perl dan sebagainya.

Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar