Pencarian

Custom Search

05 Maret 2017

Pengertian tanda tangan biometrik adalah

Tidak ada komentar :
Biometrik berasal dari bahasa Yunani yaitu, bios yang berarti hidup dan metron berarti ukuran. Biometrik adalah suatu metode untuk mengenali manusia berdasar pada satu atau lebih ciri-ciri fisik atau tingkah laku yang unik. Alasan menggunakan Biometrik yaitu karena keterbatasan manusia memverifikasi segala hal hanya dari sisi:

a. Verifikasi berdasarkan kebendaan: semua data-data yang dibutuhkan berada pada suatu benda (seperti dokumen atau kartu kredit). Apabila hilang maka orang lain dapat memalsukannya atau menyalahgunakannya.

b. Verifikasi berdasarkan pengetahuan: biasanya menggunakan password, bahkan jika menggunakan algoritma enkripsi terbaikpun, tetap terdapat kunci yang bisa membukanya.

Keunggulan penggunaan biometrik yaitu:

a) Tidak dapat hilang atau lupa
b) Sulit di duplikasi, dibagikan ataupun dipindah tangankan
c) Keaslian lebih terjamin karena harusmenghadirkan person sebagai alat validasi

Karakteristik dari Biometrik dapat berupa:

a. Psikologis: dihubungkan dengan bentuk tubuh/badan. Misalnya fingerprints, face recognition, hand geometry, iris recognition atau DNA recognition.

b. Behavioral: di hubungkan dengan tingkah laku seseorang. Misalnya keystroke, signature, suara.

Tandatangan Biometrik (biometric signature) didefinisikan sebagai proses menurunkan kunci privat dari sampel biometrik dan menggunakan kunci privat tersebut untuk menandatangani e-dokumen. Kunci privat yang unik dapat dibangkitkan secara dinamis dari salah satu sampel biometrik tanpa memerlukan penyimpanan. Ini mengeliminir permasalahan tempat penyimpanan kunci privat dalam isu manajemen kunci privat. Pembangkitan kunci privat  ini  memudahkan penandatanganan dokumen seperti penandatanganan dokumen kapanpun dan dimanapun tanpa membawa fisik disk atau smart card.

Biometrik menunjukkan identifikasi otomatis dari seseorang berdasarkan psikologis atau karakter perilaku. Metode ini mengidentifikasi lebih baik daripada metode tradisional yang melibatkan password dan PIN. Biometrik mendeskripsikan keunikan fisik seseorang atau karakteristik perilakunya karena fitur seseorang dapat unik dan merupakan cara untuk mengidentifikasi seseorang dengan dasar hukum yang cukup.


Bila ingin mendapatkan email seperti ini langsung ke inbox email anda silahkan subcribe pada kotak dibawah atau bila subscribe dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar