Pencarian

Custom Search

16 Oktober 2017

Desktop as a Services (DaaS) dalam komputasi awan

Tidak ada komentar :
Desktop As A Service (DaaS) adalah layanan virtualisasi yang dapat memisahkan fungsi desktop dan software aplikasi terkait dengan perangkat keras yang berada di sisi pelanggan.

Dengan adanya layanan ini, pengguna tidak akan terikat lagi dengan fungsi desktop yang identik dengan:

  • Bentuknya besar dan fixed lokasinya.
  • Untuk mengakses harus dilakukan dari kantor.
  • Harus diinstall aplikasi khusus dengan harga cukup mahal.
  • Berisikan data-data penting dengan storage yang besar.



DaaS akan mengubah fungsi desktop menjadi 3 (tiga) komponen utama yaitu:
  • Virtualisasi desktop : Memindahkan seluruh fungsi desktop (input, process, output, storage, dll) secara virtual di dalam environment cloud, sehingga dapat diakses dari manapun dan kapanpun. Data yang ada bersifat terpusat sehingga dapat terjaga sinkronisasi dan keamanan kontennya.
  • Software aplikasi: Diletakkan juga secara terpusat di dalam environment cloud sehingga tidak perlu diinstall secara khusus di masing-masing device client. Pengguna yang membutuhkan dapat mendownload aplikasi yang diperlukan sesuai dengan lamanya waktu pemakaian.
  • Device client: Pengguna dibebaskan menggunakan perangkat apapun (laptop, tablet, smartphone) dengan operating system beragam dengan syarat mempunyai koneksi ke internet secara baik. Layanan DaaS akan langsung menyesuaikan aplikasi dan fungsi yang dibutuhkan dengan spesifikasi device yang digunakan pelanggan melalui koneksi internet.

Keuntungan yang diperoleh bagi pengguna pribadi maupun perusahaan dari layanan DaaS adalah:
  • Kesederhanaan (simplicity), DaaS akan menyederhanakan sistem operasi dan aplikasi desktop melalui manajemen kontrol secara terpusat sehingga memudahkan administrator pada saat dilakukan perubahan konfigurasi dan upgrade sistem.
  • Aksesibilitas (accessibility), dengan konfigurasi operasional sistem dan database terpusat, maka layanan DaaS mudah untuk diakses dari manapun dan kapanpun oleh pengguna yang berhak.
  • Efisiensi biaya (cost efficiency), penggunaan DaaS akan menghemat pengeluaran biaya secara signifikan, karena perusahaan tidak perlu menyediakan dana Capex untuk mengupgrade perangkat Desktop lama yang tersebar di seluruh unit. Sistem upgrade bisa dilakukan secara terpusat di cloud environment, sehingga infrastruktur yang ada dapat terjamin untuk selalu menggunakan solusi termutakhir. Penghematan di sisi aplikasi dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah pembelian lisensi software aplikasi sebanyak jumlah karyawan/pemakai yang ada tetapi cukup membeli lisensi sesuai dengan asumsi pelanggan yang memakainya secara bersamaan.
  • Fleksibilitas, layanan DaaS memungkinkan user untuk menggunakan device sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Berbagai tipe device yang menggunakan operating system yang berbeda dapat terhubung dengan mudah dengan layanan DaaS sehingga seluruh fungsi desktop dapat diakses dan diaktifkan dari device tersebut.

Bila ingin berlangganan artikel blog ini, silahkan subcribe dengan email atau dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar