Pencarian

Custom Search

22 Desember 2017

Pengertian Kriptografi adalah

Tidak ada komentar :
Kriptografi memiliki berbagai macam pengertian, secara etimologis kata kriptografi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata krupto yang berarti tersembunyi atau rahasia, dan grafh yang berarti tulisan. Kriptografi dapat diartikan sebagai tulisan rahasia, sedangkan menurut istilah memiliki beberapa pengertian diantaranya :

1. Kriptografi adalah ilmu sekaligus seni untuk menjaga kerahasiaan pesan dengan cara menyandikannnya ke dalam bentuk yang tidak dapat dimengerti lagi maknanya.

2. Kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga keamanan pesan.

3. Kriptografi adalah cara dan ilmu untuk mengkodekan (enkripsi dan deskripsi) data sehingga data tersebut hanya dapat dikodekan oleh orang tertentu.

Sistem kriptografi (cryptosystem) adalah sebuah sistem yang terdiri atas algoritma kriptografi yang berfungsi untuk mengacak data plain teks dengan satu atau beberapa kunci yang berupa angka atau string yang hanya diketahui oleh pihak pengirim dan penerima. Hasil akhir dari proses ini berupa chiper teks.

Keamanan dari suatu sistem kriptografi biasanya terletak pada kerahasiaan beberapa kunci daripada menjaga kerahasiaan algoritma kriptografi. Sistem kriptografi yang kuat memiliki kemungkinan jangkauan kunci yang sangat besar sehingga sistem ini tidak mungkin dipecahkan dengan mencoba semua kemungkinan kunci secara brute force. Sistem kriptografi yang kuat juga akan menciptakan cipher teks yang acak untuk semua standar tes statistik.

Pesan adalah data atau informasi yang dapat dibaca dan dimengerti maknanya. Ada dua jenis pesan yaitu plain teks dan cipher teks. Plain teks adalah pesan yang dapat langsung dibaca dan dimengerti artinya, sedangkan cipher teks adalah pesan yang telah disandikan sehingga tidak bermakna lagi. Cipher teks bertujuan agar pesan tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berhak.

Dalam kriptografi terdapat proses enkripsi (encryption) yaitu proses menyandikan plain teks menjadi cipher teks atau disebut juga enciphering. Proses lain yaitu deskripsi (decryption) yaitu proses mengembalikan cipher teks menjadi plain teks semula atau disebut dechipering.


Secara matematis enkripsi dapat digambarkan sebagai :

C = cipher teks
P = plain teks

Fungsi enkripsi E memetakan P ke C,

E(P) = C

Fungsi deskripsi D memetakan C ke P,

D(C) = P

Fungsi enkripsi dan deskripsi harus memenuhi sifat :

D(E(P)) = P


Layanan dalam kriptografi diantaranya :

1. Kerahasiaan (confidentiality).

Layanan yang digunakan untuk menjaga isi pesan dari siapapun yang tidak berhak untuk membacanya.

2. Integritas data (data integrity).

Layanan yang menjamin bahwa pesan masih asli/utuh atau belum pernah dimanipulasi selama pengiriman.

3. Otentifikasi (authentication)

Layanan untuk mengidentifikasi kebenaran pihak-pihak yang berkomunikasi (user authentication) dan mengidentifikasi kebenaran sumber pesan (data origin authentication).

4. Tanpa penyangkalan (non-repudiation)

Layanan untuk mencegah entitas yang berkomunikasi melakukan penyangkalan yaitu pengirim pesan menyangkal melakukan pengiriman atau penerima pesan menyangkal telah menerima pesan.



Bila ingin berlangganan artikel blog ini, silahkan subcribe dengan email atau dengan RSS feed Disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar